Find Us On Social Media :

Kisah Heroik Seorang Muslim, Lindungi Pengungsi Yahudi dari Nazi Jerman pada Waktu Sekitar Perang Dunia II hingga Akhirnya Ada 2.000 Yahudi yang Bermukim dan Menjalin Persahabatan

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 15 Mei 2021 | 19:35 WIB

Muslim Albania yang melindungi Yahudi dari Nazi.

Intisari-Online.com - Salah satu kisah heroik yang terjadi di sekitar Perang Dunia II adalah ketika muslim Albania melindungi pengungsi Yahudi dari Nazi Jerman.

Negara yang pernah dikuasi komunis ini bangga akan hal itu.

Albania bangga dengan fakta bahwa negara muslim ini tidak ragu-ragu menjadi tempat berlindung keluarga Yahudi dari Nazi yang menyimpang dari arahan Adolf Hitler.

Baca Juga: Deklarasi Balfour 1917 Menjanjikan Orang-orang Yahudi Sebuah Tanah Air di Palestina, Benarkah Eropa Menciptakan Negara Israel untuk Meminta Maaf atas Peristiwa Holocaust?

Meskipun Albania diduduki oleh Fasis Italia dan Nazi Jerman selama Perang Dunia II, penduduk Albania tidak hanya melindungi komunitas Yahudi yang terdiri atas 200 orang namun juga melindungi para pengungsi Yahudi dari negara Eropa lain yang melarikan diri dari ancaman hukuman mati.

Berdasarkan tradisi lama "Besa"—yang menjaga dari sumpah yang diberikan kepada setiap korban—banyak warga Albania membawa orang-orang Yahudi ke rumah mereka dan melakukan semua yang diperlukan untuk melindungi mereka sampai akhir perang.

Pada akhir perang, Albania mencatat ada 2.000 orang Yahudi tinggal dan mereka menjalin persahabatan dan kekeluargaan dengan penduduk muslim Albania.

Baca Juga: Sedang Shalat Isya dan Tarawih Berjamaah, Mendadak Polisi Israel Tembaki dan Serang Umat Muslim Palestina di dalam Masjid Al-Aqsa, Amerika dan PBB Langsung 'Kepanasan'