Find Us On Social Media :

Ingin Tetap Sehat Sepanjang Ramadhan? Pastikan Asupan Nutrisi Selalu Terjaga

By Nana Triana, Kamis, 29 April 2021 | 11:39 WIB

Santap sahur dengan nutrisi yang seimbang mampu menjaga tubuh dari dehidrasi dan rasa lemas karena kehilangan energi dalam tubuh.

Intisari–Online.com -  Selama menjalankan ibadah puasa, umat Islam harus menahan lapar dan dahaga hingga waktu berbuka puasa tiba. Tidak jarang, beberapa orang merasakan tubuh lemas dan sulit berkonsentrasi saat beraktivitas, terutama ketika kesibukan mulai memuncak.

Tentunya hal ini sangat merugikan apabila terjadi saat dihadapkan dengan segudang pekerjaan yang harus cepat diselesaikan.

Kondisi tersebut bisa jadi disebabkan karena asupan nutrisi ketika makan sahur dan berbuka kurang mencukupi kebutuhan harian.

Jika konsumsi makanan saat berbuka puasa dan sahur tidak diperhatikan, maka nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai bekal puasa seharian tidak dapat tercukupi dengan baik.

Baca Juga: Para Ibu Jarang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Buah Nectarine Bagi Bayi

Penulis The Healthy Ramadan Guide Nazima Qureshi, RD, MPH, mengatakan bahwa sangat penting bagi Anda untuk tidak melewatkan makan sahur.

Dia menyarankan agar memilih jenis makanan yang dapat memengaruhi atau tetap menjaga tubuh agar tetap berenergi selama menjalankan puasa sehari penuh.

"Sering kali orang beralih ke karbohidrat sederhana seperti roti dan seral untuk sahur. Padahal karbohidrat sederhana tidak akan memberikan energi jangka panjang," kata Qureshi dikutip dari laman Healthline, Sabtu (17/4/2021),

Lalu, bagaimana cara menjaga nutrisi dan kesehatan selama ibadah puasa? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi nutrisi harian selama menjalankan ibadah puasa ramadan.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Jahe Kunyit dan Sereh yang Sayang Anda Lewatkan!

1. Perbanyak konsumsi air putih

Saat menjalani ibadah puasa, Anda harus benar-benar memperhatikan asupan air putih. Agar tubuh tidak mudah lelah atau dehidrasi akibat kekurangan cairan. Pastikan selalu minum air putih dalam jumlah cukup.