Find Us On Social Media :

Bak Miliki Makna Tersembunyi, Media Asing Soroti Awak Kapal KRI Nanggala-402 yang Tanpa Sadar Nyanyikan Lagu 'Perpisahan', Penyanyi Aslinya Sampai Komentar Begini, 'Saya Sedikit Banyak Takut'

By Mentari DP, Rabu, 28 April 2021 | 09:10 WIB

Para awak kapal selam KRI Nanggala-402 menyanyikan lagu berjudul

Intisari-Online.com - Di dalam dek kapal selam mereka, para awak kapal selam KRI Nanggala-402 berkerumun dan menyanyikan lagu pop berjudul "Sampai Jumpa".

Dengan gitar, beberapa pelaut Indonesia itu bernyanyi dengan gembira.

Tidak pernah ada yang tahu bahwa beberapa minggu kemudian, sebagian besar dari mereka dnyatakan gugur tak lama setelah kapal selam KRI Nanggala-402 dikonfirmasi tenggelam di Perairan Bali pada Minggu (25/4/2021).

Baca Juga: Kini Hanya Punya 4 Kapal Selam Setelah KRI Nanggala-402 Tenggelam, Ternyata Militer Indonesia Sudah Niat Beli 3 Kapal Selam Canggih Ini, Nyaris Gunakan 1/8 Anggaran Pertahanan!

TNI AL Indonesia mengonfirmasi ke-53 awak KRI Nanggala-402 dikonfirmasi gugur setelah kapal itu hilang pada Rabu (21/4/2021).

Hampir empat hari dilakukan pencarian, bangkai kapal selam itu ditemukan di kedalaman 838 meter dalam kondisi terbelah menjadi tiga bagian.

Kini, video nyanyian para awak kapal selam KRI Nanggala-402 itu viral di media sosial Indonesia.

Jika daratan tak menjadi tempat kau kembali, maka surga jadi tempat kau berpulang,” tulis band Endank Soekamti, yang menyanyikan lagu tersebut, di akun Instagram pribadinya.

Video itu menjadi viral setelah Angkatan Laut Indonesia merilisnya pada hari Senin (26/4/2021).

Letkol Djawara Whimbo, juru bicara militer Indonesia, mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Selasa (27/4/2021) bahwa video tersebut telah direkam bulan lalu untuk menghormati komandan armada kapal selam angkatan laut yang akan keluar.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif Pengganti KRI Nanggala-402 yang Tenggelam, Inilah 3 Deretan Kapal Selam Paling Canggih dan Paling Merusak di Dunia