Find Us On Social Media :

Terjadi di Jantung Pertempuran para Raksasa, Karamnya KRI Nanggala-402 akan Seret AS untuk Lakukan 4 Hal Ini, karena Teknologi Canggih Kembali Gagal Jadi Obat Mujarab untuk Tangkal Bencana

By Tatik Ariyani, Rabu, 28 April 2021 | 07:15 WIB

Terlihat dari Foto Visual, KRI Nanggala-402 Terbelah Menjadi 3 Bagian di Kedalaman 830 Meter

Intisari-Online.com - Kapal selam KRI Nanggala-402 telah dinyatakan tenggelam sejak Sabtu (24/4/2021) saat berlatih di perairan utara Bali pada Rabu (21/4/2021).

Dan pada Minggu (25/4/2021), titik keberadaan kapal tersebut diketahui berdasarkan kontak bawah air yang dilakukan oleh KRI rigel dibantu kapal milik Singapura MV Swift Rescue.

KRI Nanggala-402 ditemukan ada di kedalaman 838 meter dalam kondisi terbelah menjadi 3 bagian dan seluruh awak dinyatakan gugur.

Beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Australia, India bahkan AS menerjunkan bantuannya dengan mengirimkan kapal untuk membantu pencarian Nanggala-402.

Baca Juga: Mengenang KRI Nanggala-402, Sebelum Alami Insiden Tenggelam Kapal Ini Sudah Banyak Berjasa Bagi Indonesia, Lakukan Misi Super Berbahaya Ini hingga Jadi Ujung Tombak Menjaga Kedualatan NKRI

Ketika negara-negara Pasifik membangun lebih banyak kapal selam, keberhasilan SAR akan bergantung pada kerja sama multinasional.

Untuk membantu Indonesia menemukan kapal selam yang hilang tersebut, Angkatan Laut Australia mengirimkan dua kapal perang, termasuk fregat yang dilengkapi sonar.

Angkatan Laut AS mengirim satu pesawat P-8 Poseidon untuk mencari lokasi kapal selam dan tiga pesawat C-17 dengan peralatan SAR bawah air.

Dukungan internasional membuat peluang untuk menemukan kapal selam KRI Nanggala 402 semakin tinggi.

Baca Juga: Jadi Ironis Kala Dihadapkan dengan Keluhan Komandan KRI Nanggala-402 Heri Oktavian, Kemewahan Prabowo Ini Kini Jadi Dalih untuk Desak Jokowi Evaluasi Sang Menhan