Penulis
Intisari-Online.com -Kapal selam KRI Nanggala-402 telah dinyatakan tenggelam sejak Sabtu (24/4/2021) saat berlatih di perairan utara Bali pada Rabu (21/4/2021).
Dan pada Minggu (25/4/2021), titik keberadaan kapal tersebut diketahui berdasarkan kontak bawah air yang dilakukan oleh KRI rigel dibantu kapal milik Singapura MV Swift Rescue.
KRI Nanggala-402 ditemukan ada di kedalaman 838 meter dalam kondisi terbelah menjadi 3 bagian dan seluruh awak dinyatakan gugur.
Beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Australia, India bahkan AS menerjunkan bantuannya dengan mengirimkan kapal untuk membantu pencarian Nanggala-402.
Ketika negara-negara Pasifik membangun lebih banyak kapal selam, keberhasilan SAR akan bergantung pada kerja sama multinasional.
Untuk membantu Indonesia menemukan kapal selam yang hilang tersebut, Angkatan Laut Australia mengirimkan dua kapal perang, termasuk fregat yang dilengkapi sonar.
Angkatan Laut AS mengirim satu pesawat P-8 Poseidon untuk mencari lokasi kapal selam dan tiga pesawat C-17 dengan peralatan SAR bawah air.
Dukungan internasional membuat peluang untuk menemukan kapal selam KRI Nanggala 402 semakin tinggi.
Untu kedepannya, berikut empat cara Washington dan sekutunya di Pasifik dapat meningkatkan SAR kapal selam, seperti melansir The Diplomat, Selasa (27/4/2021).
Pertama, mendirikan kantor satelit Kantor Penghubung Pelarian dan Penyelamatan Kapal Selam Internasional (ISMERLO) di Indo-Pasifik.
Menyusul bencana Kursk pada tahun 2000, NATO mendirikan ISMERLO untuk mengkoordinasikan upaya SAR kapal selam internasional.
Organisasi ini terdiri dari tim multinasional ahli SAR bawah permukaan yang menetapkan prosedur internasional untuk penyelamatan dan menawarkan nasihat tentang pelatihan dan pengadaan.
ISMERLO juga memiliki sistem "panggilan keluar cepat" yang mengumpulkan sumber daya SAR untuk menemukan kapal selam yang hilang.
Membuka kantor Pasifik, dan merelokasi beberapa ahli, dapat menghasilkan pelatihan yang sering, terperinci, dan lebih lama, pengarahan prosedur, dan peningkatan kerja sama multinasional untuk mencegah kecelakaan kapal selam atau upaya penyelamatan yang salah kelola.
Kedua, buat Sistem Penyelamatan Kapal Selam ASEAN.
Pada tahun 2008, Inggris, Norwegia, dan Prancis menciptakan Sistem Penyelamatan Kapal Selam NATO (SRS) tri-nasional yang bertujuan untuk menyelamatkan awak dalam waktu 72 jam melalui kendaraan penyelamat kapal selam dan sistem peluncuran serta pemulihan portabel.
Negara-negara ASEAN harus bekerja dengan tiga negara NATO (dan Amerika Serikat) untuk berbagi teknologi kendaraan dan platform serta membangun SRS mereka sendiri, yang akan memastikan waktu tanggap darurat yang cepat.
Ketiga, Amerika Serikat harus mengadakan latihan SAR kapal selam dengan mitra Pasifik.
Pada 2017, Amerika Serikat (dengan delapan anggota NATO lainnya) melakukan Operasi Dinamis Monarch, yang berfokus pada prosedur dan pelatihan penyelamatan dan penyelamatan kapal selam.
Amerika Serikat harus menjadi tuan rumah latihan Raja Dinamis gaya Pasifik dan mengundang mitra non-Pasifik lainnya untuk mengamatinya.
Keempat, Departemen Pertahanan Amerika Serikat harus bekerja sama dengan sekutu Pasifik dengan membagikan SRDRS-nya.
Tak berawak sistem, yang menggantikan Mystic dan Avalon, dapat dengan cepat menyebarkan, mempersiapkan daerah dekat kapal selam yang tenggelam, menenggelamkan hampir 2.000 kaki, dan mengambil 155 awak pada suatu waktu.
Berbagi teknologi atau kerangka kerja untuk sistem ini dengan negara lain akan memungkinkan mereka mengembangkan sistem penyelamatan mereka sendiri dan mengurangi insiden di masa depan.
Hilangnya dan tenggelamnya kapal selam Indonesia seharusnya mengingatkan semua angkatan laut bahwa teknologi canggih bukanlah obat mujarab untuk bencana.
Dengan meningkatnya intensitas peperangan bawah laut, adalah kewajiban Amerika Serikat dan kekuatan Pasifik lainnya untuk memastikan pelatihan, prosedur, dan kerja sama multinasional dibentuk untuk mencegah kapal selam masa depan kehilangan nyawa mereka.
Seperti yang dicatat oleh pensiunan Wakil Laksamana Angkatan Laut Inggris Clive Johnstone pada tahun 2017, “Ketika kami berada di laut, terlepas dari warna seragam angkatan laut dan pakaian kami, kami menyadari jika Anda terjebak di dasar kapal selam yang benar-benar menakutkan. Ini adalah tanggung jawab setiap pelaut untuk membantu mereka."
Tidak ada angkatan laut atau negara yang harus melakukannya sendiri.