Find Us On Social Media :

‘Kembali ke Laut’ Kisah Veteran Missouri yang Kembali ke Dinas Angkatan Laut AS Setelah Serangan Pearl Harbor, Bela Negara dalam Perang Lawan Jepang

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 27 April 2021 | 09:15 WIB

Veteran AL, Fred Hoechst Jr., ini kembali berperang setelah serangan Pearl Harbor.

Intisari-Online.com – Fred Hoechst Jr. telah kembali ke St. Louis untuk memulai hidup sebagai warga sipil setelah menghabiskan tahun-tahun terakhir Depresi Besar bertugas di Angkatan Laut AS.

Dia keluar dari Angkatan Laut AS pada Maret 1940.

Meskipun empat tahun sebelumnya dia telah mengarungi dunia dari atas kapal perang USS Colorado, namun Hoechst tidak pernah menyadari bahwa dia akan kembali mengenakan seragam pelaut setelah negara itu terlibat perang.

Beberapa bulan setelah berhenti bekerja, veteran itu mulai bekerja untuk Laclede Gas dan menggunakan sebagian uang yang dia tabung untuk membeli Chevrolet 1940.

Baca Juga: ‘Apa yang Kita Lakukan Membangunkan Raksasa Tidur’ Kisah Pilot George Welch, Salah Satu Pilot yang Melawan Jepang dalam Serangan Mendadak Pearl Harbor

Tahun berikutnya dia dan tunangannya, Ruth Gieson, menikah di Imperial, Missouri pada tanggal 19 Februari 1941.

Beberapa minggu kemudian, dia bekerja untuk National Lead Company di selatan St. Louis.

"Serangan Jepang di Pearl Harbor di Kepulauan Hawaii pada 7 Desember 1941 menandai masuknya resmi Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia II," kata Atomic Heritage Foundation.

"Serangan itu mengejutkan personel militer Amerika dan tentu saja merugikan, tetapi itu tidak melumpuhkan Angkatan Laut AS seperti yang diantisipasi Jepang."

Baca Juga: Misteri Besar yang Belum Terpecahkan dari Perang Dunia II, dari Menghilangnya 14 Pilot dari Penerbangan di Atas Segitiga Bermuda Hingga Harta Karun Nazi Senilai Triliunan Rupiah