Find Us On Social Media :

Jurnal Ini Prediksikan Hal Ini Akan Dialami Oleh Papua Jika Memilih Merdeka dari Indonesia, Akankah Menjadi Negara yang Kaya Raya atau Sebaliknya Menjadi Negara yang Gagal Total?

By Afif Khoirul M, Sabtu, 24 April 2021 | 13:13 WIB

Foto Papua Nugini.

Intisari-online.com - Hingga saat ini Papua masih terus bergejolak, ada beberapa rakyat yang menghendaki kemerdekaan bagi bumi cenderawasih itu.

Bahkan sampai ada gerakan sparatis bernama KKB, dan bendera dengan lambang Bintang Kejora untuk melambangkan keinginan mereka.

Namun, pernahkah Anda membayangkan bagaimana jadinya jika Papua memilih merdeka.

Mungkin, tidak belum lupa dengan kondisi Timor Leste yang memilih merdeka, tetapi justru berakhir menjadi negara termiskin di dunia.

Baca Juga: India Jadi Sorotan Dunia, Karena Negaranya Carut-Marut Dihajar Covid-19, Indonesia Malah Dikejutkan Sebuah Pesawat Sewaan Masuk Berisi Ratusan Orang India, Apa Tujuannya?

Walau kenyataanya, Timor Leste tidak mau disebut sebagai negara yang gagal, mungkinkah nasib serupa juga bisa dialami oleh Papua jika memilih merdeka.

Melalui Journal The Asia Pasific, seorang penulis bernama David Adam Stott, memberikan analisisnya terhadap Papua jika memilih merdeka.

Dalam tulisannya, dia mencatat tahun 2007 Chauvet, Collier dan Hoeffler, memberkirakan total biaya bagi negara-negara yang gagal sekitar 276 miliar dollar AS per tahun dalam PDB yang hilang.

Nah, dalam angka tersebut sebagian besar disumbang oleh negara-negara Pasifik dengan sumbangan sekitar 36 miliar dollar AS.

Baca Juga: Terbongkar Alasan Keberingasan KKB Papua sampai Bunuh Guru dan Bakar Sekolah, Ternyata Persaingan Antar-kelompok Mereka bak Mafia, Namun dengan Sikapnya Kekanak-kanakan