Find Us On Social Media :

Pernah Puji China Setinggi Langit, Mendadak Presiden Filipina Jengkel Setengah Mati dengan Negeri Panda, Sesumbar Siap Perang Habis-habisan dan Tidak Mau Damai!

By Mentari DP, Kamis, 22 April 2021 | 17:30 WIB

Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Intisari-Online.com - Indonesia termasuk negara yang tidak berkonflik dengan China terkait Laut China Selatan.

Namun negara tetangga Indonesia, ternyata benar-benar berupaya keras mematahkan klaim China atas perairan termahal di dunia.

Salah satunya adalah Filipina.

Baca Juga: 3 Pejabat Amerika Sambangi Taiwan, China Panik Bukan Main, Langsung Jor-joran Kirim 25 Pesawat Pembom dan Kapal Nuklir untuk Kepung Taiwan, Ternyata Ini yang Ditakutkan Negeri Panda

Bahkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte malah mengancam balik China. Apalagi Filipina punya dasar hukum yang jelas atas Laut China Selatan.

Pada tahun 2016, Mahkamah Arbitrase Internasional atau Permanent Court of Arbitration (PCA) di Den Haag, Belanda, memutuskan bahwa China tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim sebagian besar laut yang terletak di antara bagian barat Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan.

Ketika Filipina mengatakan mengenai keputusan itu, China kemudian membalasnya.

Caranya dengan mengerahkan ratusan kapal angkatan laut China ke perairan teritorial eksklusif di zona ekonomi Filipina.

Lalu Duterte menanggapi dugaan ancaman militer dari China dengan mengklaim tidak ada cara lain selain perang dengan China.

Baca Juga: Sudah Diredam di Irak, ISIS Malah Kembali Menampakkan Batang Hidungnya Pamer Video Eksekusi, dan Berniat Usik Negara yang Hampir Tidak Pernah Disentuhnya Ini