Hafal Al-Quran di Usia 10 Tahun, Ibnu Sina Jadi Filsuf dan Ilmuwan yang Diagungkan Dunia Kedokteran Eropa Modern, Beginilah Perjalanan Hidupnya

Tatik Ariyani

Penulis

Ibnu Sina

Intisari-Online.com -Ibnu Sina atau Avicenna lahir tahun 980, dekat Bukhara, Iran (sekarang di Uzbekistan).

Ia merupakan tabib Muslim Persia yang paling terkenal dan berpengaruh dari filsuf-ilmuwan dunia Islam abad pertengahan.

Ibnu Sina sangat terkenal atas kontribusinya di bidang filsafat dan kedokteran Aristotelian.

Dia menyusun Kitāb al-shifāʾ ( Kitab Penyembuhan), ensiklopedia filosofis dan ilmiah yang luas, dan Al-Qānūn fī al-ṭibb (The Canon of Medicine ), yang merupakan salah satu buku paling terkenal dalam sejarah pengobatan.

Baca Juga: Segenting Apa Situasi di Laut China Selatan Sebenarnya? Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Tiba-tiba AS Tarik Nyaris Seluruh Pasukannya dari Afganistan Lalu Ditempatkan di Laut China Selatan

Kehidupan dan Pendidikan

Melansir Britannica, menurut catatan pribadi Ibnu Sina tentang hidupnya, seperti yang dikomunikasikan dalam catatan murid lamanya al-Jūzjānī, dia membaca dan menghafal seluruh Al-Qur'an pada usia 10 tahun.

Gurunya Nātilī mengajarnya dalam logika dasar dan segera setelahnya dia mampu melampaui gurunya. Ibnu Sina mempelajari sendiri para penulis Helenistik.

Pada usia 16 tahun, Ibnu Sina beralih ke kedokteran, suatu disiplin ilmu yang dia klaim sebagai penguasaan yang "mudah".

Baca Juga: Perang Bani Nadhir, Kala Piagam Madinah yang Disusun Rasulullah Dikhianati Oleh Kaum Yahudi Guna Hancurkan Islam, Tapi Justru Kaum Yahudi Terusir Selamanya dari Madinah

Ketika sultan Bukhara jatuh sakit karena penyakit yang membingungkan para tabib istana, Ibnu Sina dipanggil ke samping tempat tidurnya dan menyembuhkannya.

Sebagai rasa terima kasih, sultan membuka perpustakaan kerajaan Sāmānid untuknya, sesuatu yang kemudian memperkenalkan Ibnu Sina pada ilmu pengetahuan dan filsafat yang melimpah.

Ibnu Sina memulai karir menulisnya yang luar biasa pada usia 21 tahun.

Sekitar 240 judul yang masih ada menggunakan namanya.

Buku-buku yang ditulisnya melintasi berbagai bidang, termasuk matematika, geometri, astronomi, fisika, metafisika, filologi, musik, dan puisi.

Karena sering terjebak dalam pergolakan politik dan agama yang menggelora di zaman itu, beasiswa Avicenna terhambat oleh pergerakan tersebut.

Di Eṣfahān, di bawahʿAlā al-Dawlah, Ibnu Sina menemukan stabilitas dan keamanan.

Hari-hari tenang Ibnu Sina diperoleh selama waktunya di Eṣfahān, di mana dia dipisahkan dari intrik politik dan dapat mengikuti sekolahnya setiap hari Jumat, mendiskusikan topik sesuka hati.

Baca Juga: Selama Ini Dikabarkan China Ingin Menguasainya Karena Cadangan Minyaknya, Sebenarnya Segini Cadangan Migas yang Melimpah di Laut China Selatan dan Siapa yang Sebenarnya Bisa Menggunakannya

Dalam iklim yang menyehatkan ini, Ibnu Sina menyelesaikan Kitāb al-shifāʾ, menulis Dānish nāma-i ʿalāʾī ( Kitab Pengetahuan) dan Kitāb al-najāt (Book of Salvation), dan menyusun tabel astronomi yang baru dan lebih akurat.

Saat ditemani ʿAlā al-Dawlah, Ibnu Sina jatuh sakit karena sakit perut.

Dia merawat dirinya sendiri dengan menggunakan takaran dari delapan enema biji seledri yang diberikan sendiri dalam satu hari.

Namun, takaran itu entah secara tidak sengaja atau sengaja diubah oleh petugas untuk memasukkan lima takaran bahan aktif alih-alih dua takaran yang ditentukan. Itu menyebabkan ulserasi pada usus.

Menindaklanjuti mithridate ( obat opium ringan), seorang budak mencoba meracuni Ibnu Sina dengan diam-diam menambahkan sisa opium.

Lemah tapi tak kenal lelah, Ibnu Sina masih menemani ʿAlā al-Dawlah dalam perjalanannya ke Hamadan.

Dalam perjalanan, kondisi kesehatan Ibnu Sina memburuk, bertahan untuk sementara waktu, dan meninggal di bulan suci Ramadhan di Hamadan, Iranpada tahun 1037.

Baca Juga: Termasuk Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia, India dengan Cepat Berikan Dukungannya Tak Lepas dari Kecerdikan Sosok Ini

Pengaruh Dalam Filsafat dan Sains

Pada tahun 1919-2019 Orientalis Inggris dan otoritas yang diakui di Persia Edward G. Browne berpendapat bahwa "Avicenna adalah filsuf yang lebih baik daripada dokter, tetapi al-Rāzī (Rhazes) seorang dokter yang lebih baik daripada filsuf," sebuah kesimpulan yang terus diulangi sejak saat itu.

Tapi keputusan yang dikeluarkan 800 tahun kemudian menimbulkan pertanyaan: Dengan ukuran kontemporer apa penilaian "lebih baik" dibuat?

Beberapa poin diperlukan untuk membuat pandangan filosofis dan ilmiah dari orang-orang tersebut sehingga dapat dimengerti saat ini.

Budaya mereka adalah budaya ʿAbbāsid Khilafah (750–1258), dinasti penguasa terakhir yang dibangun di atas ajaran komunitas Muslim pertama di dunia Islam.

Dengan demikian, kepercayaan budaya mereka jauh dari orang-orang Barat abad ke-20 dan para pendahulu Helenistik mereka.

Karya filsafat dan sainsIbnu Sina yang paling penting adalah Kitāb al-shifāʾ, yang merupakan ensiklopedia empat bagian yang mencakup logika, fisika, matematika, dan metafisika.

Karena sains disamakan dengan kebijaksanaan, Ibnu Sina mencoba klasifikasi pengetahuan yang luas dan terpadu.

Misalnya, dalam bagian fisika, alam dibahas dalam konteks delapan ilmu utama, termasuk ilmu prinsip umum, benda langit dan bumi, dan unsur primer, serta meteorologi, mineralogi, botani, zoologi, dan psikologi (ilmu jiwa).

Baca Juga: Walau Satu Daratan di Pulau Papua, Rupanya Ini Alasan Papua Nugini Sedikitpun Tak Pernah Disentuh Indonesia Untuk Diklaim Sebagai Wilayahnya, Perbedaan Ini Jadi Penyebabnya

Pengaruh dalamPengobatan

Meskipun penilaian umum mendukung kontribusi medis al-Rāzī, banyak dokter secara historis lebih memilih Ibnu Sina karena organisasi dan kejelasannya.

Memang, pengaruhnya atas sekolah kedokteran besar Eropa meluas hingga awal periode modern.

Sana Canon of Medicine ( Al-Qānūn fī al-ṭibb ) menjadi sumber utama, daripada Kitāb al-ḥāwī (Buku Komprehensif) al-Rāzī .

Kecenderungan Ibnu Sina untuk mengkategorikan menjadi jelas dalam Canon, yang terbagi menjadi lima kitab.

Buku pertama berisi empat risalah, yang pertama membahas empat elemen (bumi, udara, api, dan air) dalam terang empat humor dokter Yunani Galen dari Pergamus (darah, dahak, empedu kuning, dan empedu hitam).

Buku II dari Canon adalah "Materia Medica", Buku III mencakup "Penyakit Kepala-ke-Ujung Kaki," Buku IV membahas "Penyakit Yang Tidak Spesifik pada Organ Tertentu" (demam dan patologi sistemik dan humoral lainnya), dan Buku V menyajikan "Obat Majemuk" (misalnya, theriacs, mithridates, electuaries, dan cathartics).

Buku II dan V masing-masing menawarkan ringkasan penting dari sekitar 760 obat sederhana dan gabungan yang menguraikan patologi humoral Galen.

Sayangnya, catatan klinis asli Ibnu Sina, yang dimaksudkan sebagai lampiran pada Canon, hilang, dan hanya teks Arab yang bertahan dalam terbitan Romawi tahun 1593.

Pengaruh Ibnu Sina meluas ke praktik medis modern.

Pengobatan berbasis bukti, misalnya, sering disajikan sebagai fenomena yang sepenuhnya kontemporer didorong oleh uji klinis tersamar ganda.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh sejarawan medis Michael McVaugh, para dokter abad pertengahan berusaha keras untuk membangun praktik mereka berdasarkan bukti yang dapat diandalkan.

Di sini, Ibnu Sina memainkan peran utama sebagai tokoh terkemuka dalam literatur Yunani-Arab yang mempengaruhi dokter abad ke-13 seperti Arnold dari Villanova ( c. 1235–1313), Bernard de Gordon (fl. 1270–1330), dan Nicholas dari Polandia ( c. 1235–1316).

Di bidang kedokteran, Ibnu Sina memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap sekolah-sekolah Eropa hingga abad ke-17.

Kepentingan Avicenna yang terus berlanjut sebagai sosok yang menjulang tinggi dalam sejarah Islam dapat dilihat di makamnya di Hamadan.

Artikel Terkait