Find Us On Social Media :

Segenting Apa Situasi di Laut China Selatan Sebenarnya? Tak Ada Angin Tak Ada Hujan, Tiba-tiba AS Tarik Nyaris Seluruh Pasukannya dari Afghanistan Lalu Ditempatkan di Laut China Selatan

By Mentari DP, Senin, 19 April 2021 | 18:30 WIB

Militer Amerika Serikat (AS) di Afghanistan.

Intisari-Online.com - Sudah banyak yang tahu bahwa seluruh pasukan Amerika Serikat (AS) akan ditarik dari Afghanistan.

Hal itu disebutkan langsung oleh Presiden AS Joe Biden.

Saat ini, semua pasukan AS yang tersisa (sekitar 2.500) dari Afghanistan akan ditarik pada 11 September, bersamaan dengan  peringatan 20 tahun serangan teroris AS di New York.

Baca Juga: Rusia Tidak Bisa Berbohong Lagi, Citra Satelit Bongkar Kelakukan Curang Tentara Rusia di Perbatasan Ukraina, Bikin NATO dan Inggris Ketar-ketir Ketakutan Sampai Lakukan Hal Ini

Nah, setelah ditarik mundur, ke mana para pasukan itu akan dikirim? Apakah kembali ke AS?

Dilansir dari 24h.com.vn pada Senin (19/4/2021), pengamat di China mengatakan bahwa pemerintah AS menyadari tujuannya di Afghanistan tidak dapat tercapai.

Dalam konteks ini, karena melihat China sebagai rival strategis paling berbahaya, maka mungkin saja Pentagon akan memfokuskan hampir semua kekuatannya di Timur Tengah ke kawasan Asia-Pasifik.

Terutama Laut China Selatan.

Uniknya, jika AS menarik diri dari Afghanistan, China mungkin akan mempertimbangkan untuk mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Afghanistan.

"Ini bisa dilakukan jika situasi keamanan di negara Asia Selatan itu menjadi ancaman bagi masalah Xinjiang China," kata para analis.

Baca Juga: Sok-sokan Kuasai Laut China Selatan, Militer China Panik Bukan Main Pas Lihat Kapal Perang Amerika Buntuti Kapal Induknya dalam Jarak Dekat, Ketahuan Gegara Hal Ini