Find Us On Social Media :

Inilah Mitologi Dewa dan Dewi yang Paling Penting dalam Kehidupan Suku Celtic Kuno, Berpengaruh pada Kesuburan, Pertanian, Pertempuran, Takdir, Bahkan Kejantanan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 20 April 2021 | 14:00 WIB

Dewa dan Dewi Kepercayaan Celtic Kuno; Dagda, Lugh, dan Aengus

Intisari-Online.com – Berasal dari Zaman Perunggu Akhir, Celtic kuno adalah sekelompok suku yang berasal dari Eropa Tengah.

Seiring waktu, Celtic bermigrasi ke sebagian besar Eropa Barat termasuk Inggris dan Irlandia, menyebarkan bahasa dan adat istiadat mereka bersama.

Dianugerahi nama 'Celtic' oleh para penulis kuno, mereka tidak pernah menjadi satu bangsa atau kekaisaran melainkan kumpulan dari beragam suku dengan budaya, tradisi, dan kepercayaan agama yang sama.

Pengetahuan kita tentang dewa Celtic agak terbatas karena fakta cerita tentang mereka tidak pernah ditulis oleh Celtic tetapi diwariskan melalui mulut ke mulut sebelum akhirnya didokumentasikan oleh penulis kemudian.

Baca Juga: Hambuskan Nafas Terakhir di Usia 99 Tahun, Ternyata Selama Hidup Pangeran Philip 'Disembah Bak Tuhan' oleh Kelompok Suku Pedalaman Ini, Beginilah Kisahnya

Namun, yang kita pahami bahwa mitologi Celtic berisi dewa dan dewi yang kaya, bervariasi, dan berwarna-warni.

Berikut ini dewa dan dewi Celtic yang paling penting dalam kehidupan mereka.

1. Dagda

Tuatha Dé Danann adalah kumpulan makhluk gaib yang hidup di Dunia Lain tetapi mampu berinteraksi dengan manusia di alam fana.

Baca Juga: Dipercaya sebagai Leluhur yang Lahir Kembali, Bayi Kambing dengan Wajah Manusia di India Ini Dipuja Bak Dewa hingga Viral