Find Us On Social Media :

‘Berjuang Sampai Akhir’ Kisah Luar Biasa Kapten Charles Upham, Satu Lengannya Terluka Parah Tapi Berhasil Kalahkan Musuh Saat Perang Dunia II dan Terima Penghargaan Victoria Cross Dua Kali

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 16 April 2021 | 09:45 WIB

Charles Upham

 

Intisari-Online.com – Ketika seorang prajurit mendapatkan medali Victoria Cross pertama kali, maka ia menjadi seseorang yang lebih elit dalam sejarah perang yang mendapat penghormatan khsusu dari semua orang yang pernah mengenakan seragam ketentaraan.

Victoria Cross (VC) adalah penghargaan militer yang diberikan atas dasar pengalaman ‘menghadapi musuh’ kepada anggota tentara di berbagai negara-negara Persemakmuran dan bekas wilayah Imperium Britania.

Nah, ketika prajurit itu mendapatkan VC yang kedua kalinya dan masih hidup untuk menceritakannya, maka dia menjadi satu-satunya prajurit tempur yang pernah melakukannya.

Dalam sejarah, hanya tiga orang yang mendapatkan VC kedua.

Baca Juga: Kisah Luar Biasa Pilot Yunani Tabrak Pesawat Pengebom Italia Kemudian Tangkap Kru yang Masih Hidup Hanya dengan Pistol Dinasnya

Dua lainnya yang mendapatkan prestasi ini adalah petugas medis: Kolonel A Martin-Leake, yang menerima penghargaan dalam Perang Boer dan Perang Dunia Pertama; dan Kapten N G Chavasse, yang terbunuh di Prancis pada tahun 1917.

Keluarga Chavasse memiliki hubungan keluarga dengan Upham.

Karena itu, dunia berhenti sejenak dan mengamati keberanian tak tertandingi yang ditunjukkan oleh pria dari Selandia Baru yang tampaknya tidak dapat ditahan oleh Jerman.

Charles Upham mendapatkan Victoria Cross pertamanya di Kreta pada tahun 1941 di mana kutipannya berisi begitu banyak tindakan keberanian individu sehingga sulit untuk memilih salah satu yang menempatkannya di atas.

Baca Juga: Anak-anak Windermere; Kisah-kisah Luar Biasa dari 300 Anak-anak yang Selamat dari Holocaust dan Dibantu untuk Memulai Hidup Baru