Find Us On Social Media :

Ternyata Kereta Api Supercepat Pertama di Dunia Dibangun Pakai Dana Utang, Tapi Jadi Awal Kebangkitan Jepang setelah Kalah Perang Dunia II

By Khaerunisa, Kamis, 15 April 2021 | 21:20 WIB

Upacara peluncuran kereta api supercepat Jepang, Shinkansen, 1 Oktober 1964. Pelopor era kereta api supercepat di dunia.

Intisari-Online.com - Jepang mencatatkan sejarah jadi pelopor kereta api supercepat pertama di dunia dengan kereta bernama Shinkansen yang dirilisnya pada 1 Oktober 1967.

Perilisannya ditandai dengan pengoperasian perdana dua kereta Shinkansen bernama Hikari Super Express dengan jadwal pelayanan Tokyo-Osaka dan sebaliknya.

Kedua Shinkansen sampai di destinasi akhir yaitu Tokyo dan Osaka tepat waktu selama tujuh jam, sesuai dengan estimasi yang telah diperhitungkan sebelumnya.

Jalur kereta komersial berkecepatan tinggi pertama di dunia ini dibangun di sepanjang Tokaido, salah satu dari lima rute yang menghubungkan pedalaman Jepang ke Edo, kota yang pada pertengahan 1800-an menjadi Tokyo.

Baca Juga: Pertama Melesat sebelum Olimpiade Tokyo 1964 Dimulai, Ini yang Terjadi di Hari Bersejarah Ketika Kereta Api Supercepat Pertama di Dunia Diluncurkan

Kereta api Shinkansen pertama itu memiliki kecepatan maksimum 210 kilometer (130 mil) per jam.

Sementara kereta peluru hari ini, di Jepang dan di tempat lain, telah mencapai dan dalam beberapa kasus melebihi 300 km / jam (186 mph).

Meski dibandingkan kereta peluru hari ini kecepatan Shinkansen pertama tampak jauh tertinggal, namun saat perilisan Shinkansen pertama, kereta api tercepat adalah di Eropa yang kecepatannya hanya 160 kpj.

Teknologi apapun yang dinikmati kemudahannya sekarang oleh masyarakat dunia tentu pernah melalui proses penciptaan yang panjang dan tak jarang penuh hambatan, termasuk pembangunan Shinkansen ini.