Find Us On Social Media :

Fotonya Sempat Viral Memanggul Kardus saat Terjadi Banjir di Timor Leste, Ternyata Xanana Gusmao Pernah Ditangkap Indonesia dan Nyaris Dihukum Mati Gegara Hal Ini

By Khaerunisa, Selasa, 13 April 2021 | 10:00 WIB

Xanana Gusmao mengangkut kardus saat memberi bantuan penduduk Timor Leste yang menjadi korban banjir.

Intisari-Online.com - Xanana Gusmao, mantan Presiden Timor Leste yang mungkin namanya tak asing di telinga masyarakat Indonesia.

Tahun 2019, ketika B.J Habibie terbaring di rumah sakit, sosoknya viral di media sosial dengan videonya menjenguk dan mencium kening Presiden ke-3 Indonesia tersebut.

Kini, sosok Xanana Gusmao yang punya persahabatan hangat dengan B.J Habibie tersebut kembali mencuri perhatian warganet. Kali ini berkat aksinya di negerinya sendiri.

Ia tertangkap kamera tengah turun langsung ke lapangan untuk membantu korban banjir di Dili, Timor Leste, pada Sabtu-Minggu (3-4 April 2021), meski cuaca saat itu hujan.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Pernah Dijajah Portugis Ratusan Tahun, saat Ada Kesempatan Merdeka Justru Rakyatnya Terpecah Belah, Termasuk Ingin Bergabung dengan Indonesia

Foto dan videonya beredar di media sosial, tampak ia turut mengangkat bantuan berupa kardus-kardus dan karung yang diturunkan dari truk.

Seperti diketahui, banjir melanda Timor Leste dan Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi duka mendalam bagi Indonesia dan Timor Leste.

Melansir pemberitaan media lokal Tatoli.tl, Xanana turun langsung menyalurkan bantuan dari kota hingga ke pelosok. Saat tiba di lokasi ia disambut warga yang sangat antusias dengan kedatangannya.

Selain kedekatannya dengan B.J Habibie, sebagian orang mungkin mengenal Xanana Gusmao sebagai pejuang kemerdekaan Timor Leste untuk lepas dari Indonesia. Bahkan karenanya, ia pernah dianggap makar dan dipenjara di bawah pemerintahan Indonesia.