Find Us On Social Media :

Investasi Dengan China Jelas-jelas Berbahaya, Negara di Afrika Ini Sekarang Terancam Ibukotanya Akan Dipindah Oleh China, Namun Pemerintahnya Justru Tidak Keberatan, Mengapa?

By Maymunah Nasution, Sabtu, 10 April 2021 | 16:31 WIB

Ilustrasi ibukota baru

Intisari-online.com - Sudah banyak mitra dan sekutu Amerika Serikat (AS) yang sekarang justru menjadi mitra dari China.

Salah satunya adalah Mesir, yang memilih Beijing sejak Presiden Abdel-Fattah el-Sisi menjabat pada 2014 lalu.

China dikabarkan telah menginvestasikan miliaran dolar dalam proyek-proyek tertentu.

Termasuk salah satunya rencana ambisius memindahkan kursi pemerintahan keluar dari Kairo, untuk membangun situs pemerintahan baru.

Baca Juga: Orang Dalam Bocorkan Situasi Asli di China, Banyak Orang Tak Percaya dengan Pemerintah China, Karena Terbukti Sembunyikan Kebenaran Soal Covid-19 Ini Dari Warga Negaranya dan Dunia

Dilansir dari SCMP, pemblokiran Kanal Suez baru-baru ini telah menggarisbawahi peran penting yang dimainkan Mesir dalam sistem perdagangan global dan dalam rencana perdagangan China.

Macetnya Terusan Suez berlangsung selama 6 hari, menahan perdagangan senilai lebih dari 9 miliar Dolar AS per hari menurut data dari lembaga Lloyd's List.

Terusan itu merupakan rute pelayaran utama China ke pasar terbesarnya, Eropa.

Sementara itu Mesir juga menjadi destinasi kunci untuk Inisitatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative) sehingga Mesir bergerak mendekat ke Beijing.

Beberapa tahun terakhir China telah memberikan Mesir suntikan dana miliaran dolar meski Mesir adalah sekutu AS.

Baca Juga: Negara Arab Dibuka oleh Mesir, Ternyata Vatikan Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia di Antara Negara-negara Eropa