Find Us On Social Media :

Baru Saja China Usik Filipina, AS Sudah Kirim Kapal Induk dan Kapal Serbu Amfibi untuk Gelar Latihan di Laut China Selatan

By Tatik Ariyani, Jumat, 9 April 2021 | 17:54 WIB

THeodore Roosevelt

Intisari-Online.com - Jumat (9 April), kapal Theodore Roosevelt Carrier Strike Group dan Makin Island Amphibious Ready Group dari Angkatan Laut AS bergabung di Laut China Selatan.

Keduanya bergabung untuk melakukan operasi bertajuk Expeditionary Strike Force.

Kapal perang dan pesawat tempur dari kedua kelompok penyerang tersebut mengoordinasikan operasi di perairan internasional.

Selain itu juga melakukan latihan integrasi multi-domain untuk mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca Juga: Jika Mau Tegas, Ternyata Indonesia Mudah Saja Remukan Kapal-Kapal yang Nyelonong di Wilayah Natuna, Andaikan Sampai Hati Gunakan Senjata Ini

“Menggabungkan kemampuan kelompok serang kapal induk dengan Makin Island Amphibious Ready Group mempertajam keterampilan taktis kami dan menunjukkan dedikasi kami yang berkelanjutan terhadap keamanan dan kemakmuran Indo-Pasifik,” kata Laksamana Muda Doug Verissimo, Komandan Carrier Strike Group Nine, seperti dikutip dari laman Armada Ke-7 Angkatan Laut AS, Kamis (8/4).

"Tim gabungan Angkatan Laut dan Korps Marinir telah menjadi kekuatan yang menstabilkan di wilayah ini selama lebih dari satu abad, dan akan terus mendukung semua yang memiliki visi kolektif tentang perdamaian, stabilitas, dan kebebasan laut," imbuh dia.

Saat beroperasi bersama, Theodore Roosevelt Carrier Strike Group dan Makin Island Amphibious Ready Group berpartisipasi dalam berbagai evolusi, termasuk manuver taktis, serta membangun komunikasi komando dan kontrol bersama.

Baca Juga: Punya Pangkalan Militer Baru dan Borong Delapan Kapal Canggih dari Jepang Ini untuk Halau China, Mari Intip Belanja Militer Jor-joran Indonesia untuk Mempertahankan Natuna, Capai 54 Triliun Rupiah