Find Us On Social Media :

Banjir Dahsyat Terjadi di NTT, Ternyata Timor Leste Alami Dampak Lebih Mengerikan, Wilayahnya Porak-poranda Bahkan Banyak Korban Berjatuhan, Begini Kondisinya

By Khaerunisa, Rabu, 7 April 2021 | 18:15 WIB

Banjir dasyat melanda Timor Leste.

Intisari-Online.com - Indonesia tengah berduka dengan terjadinya banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah wilayah di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Riefda Nofikarany, dikutip dari kompas.com (5/4/2021), hujan intensitas lebat hingga ekstrem sangat berpengaruh terhadap bencana tersebut.

Ia menjelaskan bahwa telah terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem yaitu di atas 150 mm di wilayah NTT selama empat hari.

Dalam periode tersebut, curah hujan tertinggi selama dua hari berturut-turut terukur di Stasiun Meteorologi Eltari sebesar 241 mm dan 306 mm. Berikutnya adalah di Stasiun Klimatologi Kupang yaitu sebesar 230,2 mm dan 332.1 mm.

Baca Juga: Negaranya Porak-Poranda Dihancurkan Banjir Dasyat, Pemerintah Timor Leste hanya Bisa Minta Bantuan Negara Lain Untuk Membangun Kembali Negaranya, PBB Malah Khawatirkan Hal Ini

Hal tersebut kemudian menyebabkan bencana hidrometeorologis, "Yaitu banjir bandang angin kencang, dan tanah longsor di sebagian besar wilayah NTT," jelasnya.

Sementara, ada beberapa faktor pemicu cuaca ekstrem berupa hujan intensitas lebat hingga ekstrem di NTT.

Di antaranya Badai Tropis Seroja yang mulai tumbuh sebagai bibit badai tropis 99S pada 2 April di sekitar Laut Sawu, kelembaban udara yang mendukung pertumbuhan badai hingga mencapai badai tropis pada 5 April, dan kecepatan angin.

Banjir dahsyat tersebut tak hanya menerpa Indonesia, tapi juga negara kecil Timor Leste yang mengalami dampak mengerikan wilayahnya porak-poranda.