Find Us On Social Media :

Diragukan Karena Infrastruktur Kesehatannya yang Buruk, Korea Utara Tetap Klaim Negaranya Masih Bebas Virus Corona Meski Sudah Lebih dari Setahun Sejak Pandemi Covid-19

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 8 April 2021 | 07:00 WIB

Korea Utara dilaporkan uji coba vaksin Covid-19

Intisari-Online.com – Sudah lebih dari setahun pandemi virus Covid-19 dialami oleh banyak negara di dunia.

Namun, Korea Utara yang terisolasi terus mengklaim rekor sempurna, 0 kasus, dalam mencegah virus corona dalam laporan terbarunya kepada Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Dilansir The Associated Press, pada awal pandemi lebih dari setahun yang lalu, Korea Utara menggambarkan upayanya mencegah virus sebagai "masalah eksistensi nasional".

Korea Utara menutup perbatasannya, melarang turis dan mengusir diplomat.

Baca Juga: Sempat Dituduh Sebagai Pencipta Virus Corona Karena Prediksinya, Kini Bill Gates Kembali Ramalkan Kondisi Dunia, Akan Terjadi Hal Ini pada Akhir Tahun 2022

Mereka juga sangat membatasi lalu lintas lintas batas dan telah mengkarantina puluhan ribu orang yang telah menunjukkan gejala.

Negara yang dipimpin Kim Jong Un itu masih mengatakan tidak menemukan kasus Covid-19.

Namun, klaim itu sangat diragukan sejumlah pihak mengingat infrastruktur kesehatannya yang buruk dan perbatasan yang keropos dengan China, garis kehidupan ekonominya.

Dalam email ke The Associated Press pada hari Rabu (7/4/2021), Edwin Salvador, perwakilan WHO untuk Korea Utara, mengatakan Korea Utara melaporkan telah menguji 23.121 orang untuk virus corona dari awal pandemi hingga 1 April.

Baca Juga: 'Olimpiade Zombie', Ngeyel Tetap Adakan Ajang Olahraga Dunia di Tengah Pandemi Covid-19, Jepang Disebut Hanya Akan Menanggung Malu, Sejarah Perang Dunia II pun Bisa Terulang Kembali