Find Us On Social Media :

Iklim Siklon Tropis Seroja Landa NTT Hingga Akibatkan Banjir Bandang, Apa Bedanya dengan Siklon Sebelumnya yang Terjadi di Indonesia? Ini Penjelasan BMKG!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 7 April 2021 | 15:40 WIB

Banjir bandang di NTT akibat siklon Seroja.

Intisari-Online.comBanjir bandang terjadi di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur, pada Senin (5/4/2021).

Ini diakibatkan siklon tropis Seroja, yang memiliki perbedaan dengan siklon sebelumnya yang pernah melanda wilayah Indonesia.

Lalu, apa bedanya di antara siklon-siklon tersebut?

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati bahkan menyebut jika siklon tropis Seroja ini tidak wajar.

Baca Juga: Sudah Dicap Negara Termiskin di Dunia hingga Ekonominya Hancur Lebur Akibat Covid-19, Timor Leste Makin Porak-poranda Ketika Banjir Bandang Terjang Wilayahnya, 'Warga Sampai Naik ke Atap'

Dwikorita menyebut siklon tropis Seroja ini merupakan siklon ke-10 yang terdeteksi semenjak tahun 2008.

Ia menyebut tak wajar karena Siklon Tropis Seroja ini masuk ke wilayah daratan, sehingga memberikan efek dampak yang luar biasa.

Padahal, lazimnya siklon tropis terjadi di wilayah perairan laut dan tak sampai ke daratan.

"Padahal pada umumnya siklon yang terjadi tidak masuk ke daratan," kata Kepala BMKG saat konferensi pers, Selasa (6/4/2021) pagi seperti disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Aliran Air Mendadak Masuk ke Rumah hingga Setinggi Dada Orang Dewasa, Korban Banjir Bandang di NTT Mengaku Gendong Anak Sambil Berjalan di Dalam Air, 'Kami Terus Berdoa'