Find Us On Social Media :

Kisah Heroik Letnan George Cairns, Berawal dari Pegawai Bank Hingga Satu Lengan Tangannya Dipotong Pedang Jepang Saat Perang Dunia II, Tak Mau Menyerah Sebelum Menang

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 3 April 2021 | 11:45 WIB

Kisah heroik Letnan George Cairns dengan satu lengan tangannya ditebas pedang Jepang.

Intisari-Online.com – Pecahnya perang dunia tidak hanya mengakibatkan jutaan orang kehilangan nyawa dan penghidupan, bahkan ini menyebabkan hal aneh pada temperamen manusia.

Bayangkan saja, seorang siswa, pengusaha, pegawai, bahkan guru, ketika tahun ini secara sipil mereka mengerjakan tugas mereka, mungkin saja di tahun berikutnya, mereka sepenuhnya tenggelam dalam kengerian perang.

Demikian pula bankir George Albert Cairns, perang mengubahnya dari seorang pegawai bank  yang sopan pada tahun 1941 hingga menjadi contoh keberanian yang cemerlang.

Pada tahun 1944 dia menaiki sebuah bukit hanya dengan satu tangan, memegang pedang yang digunakan seorang tentara Jepang yang menimbulkan luka yang mengerikan.

Baca Juga: Kisah Heroik Pilot Spitfire yang Tabrak Desa di Italia Ini Akhirnya Dapat Diistirahatkan dengan Upacara Militer Setelah 74 Tahun Kemudian

Selama pertukaran brutal di Burma, tentara Inggris dan Jepang entah bagaimana secara misterius menggali berdampingan satu sama lain tanpa mengetahui bahwa musuh sudah dekat.

Keesokan paginya, ketika mereka menemukan situasi mereka, pertarungan di puncak bukit yang biadab dimulai.

Perkelahian dengan cepat berubah menjadi pertarungan tangan kosong, dan saat Jepang mengacungkan pedang mereka, Inggris menusuk dengan bayonet mereka, dan Gurkha mengayunkan kukri mereka.

Letnan Cairns memberikan yang terbaik ketika seorang tentara Jepang mengiris lengan kirinya dengan pedang.

Baca Juga: Tanpa Senjata Melabrak Kapal Perang Malaysia yang Tengah Berulah, Ini Kisah Heroik Personel Pasukan Khusus Indonesia Kopaska Ketika Bertugas di Ambalat