Find Us On Social Media :

Alat Musik yang Ditemukan dari Sisa-sisa Perang Dunia Ini Dimainkan Lagi dalam Pameran, Refleksi Betapa Perang Timbulkan Kerusakan pada Dunia

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 1 April 2021 | 11:15 WIB

Instrumen musik perang rusak.

Intisari-Online.com  - Instrumen Musik Rusak Perang adalah instalasi suara yang hadir di Galeri Duveen Tate Britain pada November hingga 5 April 2016.

Instalasi yang dilakukan oleh seniman Susan Philipsz, pemenang Turner Award Prize ini didedikasikan untuk memperingati ulang tahun keseratus Perang Dunia Pertama.

The Last Post, sebuah lagu tradisional yang dimainkan pada pemakaman militer dan upacara peringatan seperti Remembrance Day dibawakan dengan menggunakan alat musik rusak yang diambil dari beberapa konflik dari Perang Dunia I.

Baca Juga: Inilah Legenda Kisah Para Pembelot Liar dari Perang Dunia I, Hidup di Negeri Tanpa Manusia, Hanya Muncul di Malam Hari Bak Hantu, Benarkah Mereka Ada?

Alat musik ini bergema di seluruh lorong Tate selama seluruh periode instalasi.

Rekaman 14 bagian akan dimainkan oleh instrumen tiup kayu dan kuningan yang bersumber dari kedua negara yang terlibat konflik pada Perang Dunia I.

Ini termasuk klarinet yang terkena pecahan peluru, terompet yang ditemukan dari bangkai kapal yang ditenggelamkan oleh kapal selam Jerman, dan terompet dari Militer Inggris.

Baca Juga: Kisah Pilot ‘Wanita Burung’ Prancis Penerima Lisensi Terbang Wanita Pertama Di Dunia, Namun Ditolak Saat Ingin Bergabung dalam Perang Dunia I Karena Dianggap Berbahaya