Kapal Terpaksa Memutar Maksimal Sejauh 25.000 Kilometer Akibat Terusan Suez Tertutup, Dahulu Firaun Senusret III Abad ke-2 SM Sudah Hubungkan Laut Merah ke Mediterania

Muflika Nur Fuaddah

Penulis

Firaun Senusret III Abad ke-2 SM Sudah Hubungkan Laut Merah ke Mediterania

Intisari-Online.com - Perusahaan perkapalan dipaksa menimbang opsi jalan lain setelah lalu lintas utama perdagangan internasional terblokir kontainer raksasa, Ever Given.

Insiden yang menutup Terusan Suez itu membuat banyak kapal harus mengambil rute alternatif menyiksa dengan memutar di ujung selatan Afrika.

Insider melaporkan menurut analis yang mengamati situasi tersebut, setidaknya tiga kapal kontainer telah mengubah arah dan terlihat menuju ke selatan.

Semakin lama penundaan berlangsung, diyakini semakin banyak kapal yang akan mengikuti langkah tersebut.

Baca Juga: Salah Satunya Militer Paling Lemah di Asia Tenggara, Ini 9 Negara yang Tak Punya Wilayah Laut Tapi Tetap Saja Diperkuat Angkatan Laut

Harus Memutar

Anoop Singh, kepala analisis kapal tanker yang berbasis di Singapura di Braemar ACM, mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa jalan memutar dapat menambah biaya 450.000 dollar AS (Rp 6,4 miliar) untuk perjalanan biasa.

Panjang maksimum jalan memutar tersebut adalah sekitar 15.000 mil atau hampir setara 25.000 km.

Jarak itu jika sebuah kapal berlayar dari Suez di selatan kanal ke Port Said di ujung utara tanpa menggunakan kanal.

Baca Juga: Sampai Ajak Pemberontak Somalia Berjihad, TernyataAl-Qaeda Juga Ingin Kuasai Laut Merah,Rupanya Ada 'Harta Karun' yang Sangat Menggiurkan Diinginkan Banyak Negara di Sana

Sebagian besar rute kapal akan berbeda dari itu dan melibatkan jalan memutar yang lebih pendek.

Walaupun begitu, Prof Rocky Weitz, direktur Program Studi Maritim Fletcher di Sekolah Fletcher di Universitas Tufts, mengatakan jalan memutar yang lebih umum masih tetap ribuan mil jauhnya.

"Rute Cape of Good Hope menambah sekitar 3.000 mil laut ke rute Terusan Suez dari Samudra Hindia ke Atlantik Utara, tergantung pada rute spesifik yang diambil oleh kapal komersial," katanya kepada Insider.

Sementara implikasi biaya dari hal ini tergantung pada jenis kapalnya.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Mukjizat Nabi Musa, Terbelahnya Laut Merah Nyatanya Dapat Dijelaskan dengan Gamblang Secara Ilmiah Lewat Simulasi Komputer, Faktor Alam Inilah Kuncinya

Kapal tanker minyak akan memerlukan tambahan waktu hingga 300 jam perjalanan, sementara kapal kontainer yang relatif cepat dapat mencapai hingga 150 jam.

Perusahaan perkapalan akan mempertimbangkan alternatif ini, dengan uang yang bisa dihemat jika menggunakan Terusan Suez.

Ide Mengalirkan Kanal

Proyek untuk menghubungkan Laut Merah ke Mediterania guna memfasilitasi perdagangan di antara keduanya adalah perihal lama yang sudah ada sejak zaman Mesir kuno.

Baca Juga: Deretan Kapal Tangker Minyak 'Mengantri' di Belakang Raksasa Sebesar Gedung Empire State yang Mogok di Jalur Air Tersibuk di Dunia, Harga Minyak Tetap Saja Lesu, Ini Sebabnya

Dimulai dengan pemerintahan Firaun Senusret III di awal milenium kedua SM, sistem kanal menghubungkan Laut Merah ke Delta Nil.

Kanal-kanal ini sepenuhnya mengalirkan airdengan sempurna pada abad kedelapan Masehi.

Ide tersebut muncul kembali dalam beberapa kesempatan.

Republik Venesia mempertimbangkannya pada abad keenam belas, sebelum meninggalkannya karena alasan teknis.

Di bawah Louis XIV, Colbert juga mempelajari ide tersebut untuk membuka rute baru ke Hindia.

Tapi realisasi sebenarnya dari Terusan Suez saat ini berasal dari kampanye Bonaparte di Mesir pada 1798.

Baca Juga: Jadi Simbol Kekuatan Mahadahsyat Raja Lautan, 'Bangkai' Gajah Mina Tiba-tiba Menyeruak di Laut Natuna, LIPI Beri Penjelasan

Pengukuran topografi yang dilakukan oleh misi ilmiah yang menyertai ekspedisi meletakkan dasar untuk studi kelayakan pertama untuk membuka tanah genting.

Rencana tersebut dihidupkan kembali pada tahun 1846 oleh masyarakat ilmiah yang didirikan oleh Saint-Simonians.

Namun mereka tidak dapat meyakinkan Mesir.

Pada akhirnya adalah Ferdinand de Lesseps, seorang diplomat Prancis yang sangat dekat dengan Raja Muda Mesir, yang memperoleh otorisasi pada tahun 1854 untuk mendirikan usaha yang akan membangun kanal dan menikmati hak operasi selama 99 tahun: Suez Canal Company.

(*)

Artikel Terkait