Find Us On Social Media :

Gemar Nonton Film? Ini 4 Dampak Positifnya secara Emosional

By Yussy Maulia, Senin, 29 Maret 2021 | 12:00 WIB

Ilustrasi menonton film.

Intisari-Online.com – Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mengisi waktu luang. Beberapa orang memanfaatkan waktu mereka untuk melakukan hobi di suasana outdoor. Namun, ada juga yang memilih untuk bersantai di rumah.

Dari sekian banyak kegiatan yang dapat dilakukan di rumah, menonton film menjadi salah satu yang dapat dipilih untuk mengisi waktu luang.

Saat ini menemukan film-film bagus dan terbaru tidaklah sulit. Cukup andalkan layanan streaming berbayar, Anda sudah bisa menikmati beragam jenis film kesukaan melalui gadget atau TV di rumah. 

Anda pun dapat memilih genre film favorit, mulai dari komedi, romansa, hingga horror-thriller.

Memilih menonton film untuk mengisi waktu luang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan mental.

Baca Juga: Sulap Las Vegas Jadi 'Kota Penuh Dosa', Inilah Bugsy Siegal, Gangster Yahudi yang Caranya Dibunuh Jadi Inspirasi Film 'The Godfather'

Selain menjadi hiburan yang bisa dinikmati, ternyata film punya dampak terhadap sisi emosional manusia. Hal ini disampaikan oleh psikoterapis asal California, Birgit Wolz.

“Karena film cenderung menyampaikan pesan lewat pendekatan emosional, biasanya (film) bisa meredakan suatu emosi dan menimbulkan emosi lainnya,” ungkapnya yang dikutip dari Chicago Tribune, Rabu (22/6/2011).

Oleh karenanya, Wolz menyebut, menonton film yang disukai bisa menjadi “terapi emosional” yang baik bagi penontonnya. Ada beberapa dampak positif secara emosional yang bisa didapatkan dari menonton film. Berikut penjelasannya.

1. Meredakan stres

Bukan rahasia lagi bahwa film diciptakan sebagai entertainment atau hiburan. Menonton film pun ternyata dapat merangsang otak untuk mengendalikan stres.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; 7 Tanda-tanda Tubuh Anda Kurang Gerak, Lakukan Ini!