Find Us On Social Media :

Sempat Diragukan Kemampuannya, Siapa Sangka Peneliti Justru Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Vaksin Sinovac, Kabar Baik Bagi Kita Semua?

By Khaerunisa, Jumat, 26 Maret 2021 | 20:10 WIB

Ilustrasi vaksin virus corona.

Intisari-Online.com - Vaksin yang masih menjadi andalan Indonesia, Vaksin Sinovac, sempat mendapat pandangan negatif.

Seorang pakar Jepang pernah mengungkapkan keraguannya atas vaksin buatan China tersebut.

"Kita tidak bisa mempercayai vaksin Sinovac dari China tersebut karena sangat sedikit sekali data yang diungkap," kata dokter Hiroyuki Moriuchi, Doktor dan Profesor Universitas Nagasaki, Direktur Kelompok Sains Vaksin Jepang, Direktur Kelompok Sains Virus Jepang dalam acara TV Asahi Rabu (24/2/2021).

"Jadi hampir tidak bisa dipercaya," papar Moriuchi.

Baca Juga: Ditakuti Negara Maju Namun Diidamkan Negara Miskin, 'Diplomasi Vaksin' yang Jadi Senjata Terbaik China Kuasai Dunia Malah di Ambang Kegagalan, Terbentur oleh Watak Mereka Sendiri

Berbagai dampak yang terjadi seperti sakit yang cukup tinggi, panas yang cukup tinggi, kekakuan menurutnya didengar dari berbagai laporan yang masuk setelah orang tersebut divaksinasi Sinovac.

"Kita sama sekali tidak tahu bagaimana vaksin tersebut yang sedikit sekali data yang dibuka dan penuh dengan hal-hal yang tidak jelas sampai saat ini sehingga tidak bisa mempercayai vaksin tersebut," tambahnya.

Menurutnya, selama semua data diungkap dengan jelas dan meyakinkan para ahli vaksin di seluruh dunia, mungkin vaksin tersebut bisa ditinjau lebih lanjut dan dipertimbangkan dengan baik. Ia menegaskan selama semua tidak jelas, maka semua tak akan percaya dengan Sinovac.

Sementara baru-baru ini, seorang peneliti perusahaan di China mengatakan Vaksin Covid-19 Sinovac Biotech tampaknya aman dan mampu memicu respons kekebalan di antara anak-anak dan remaja.