Find Us On Social Media :

Ditakuti Negara Maju Namun Diidamkan Negara Miskin, 'Diplomasi Vaksin' yang Jadi Senjata Terbaik China Kuasai Dunia Malah di Ambang Kegagalan, Terbentur oleh Watak Mereka Sendiri

By Maymunah Nasution, Kamis, 25 Maret 2021 | 17:26 WIB

Ilustrasi pengiriman vaksin Covid-19 dari China, diplomasi vaksin China disebut pakar akan gagal karena sifat alami China ini, senjata makan tuan!

Intisari-online.com - China, tempat yang dianggap seluruh dunia sebagai negara lahirnya Covid-19, mampu dengan cepat mengembangkan vaksin.

Vaksin dari China diklaim China mampu melawan virus Corona.

Dalam perlombaan pandemi ini, sementara AS dan negara-negara Eropa kesulitan memvaksinasi populasi mereka sendiri, China merasakan kesempatan dan secara berjaya memulai mengirimkan vaksin lokal ke seluruh dunia.

Target pasar mereka sangat jelas: negara-negara miskin dengan pendapatan rendah dan menengah.

Baca Juga: Filipina Meradang, Menyesal Menerima Vaksin Gratis dari China Setelah Dikepung Habis-habisan oleh China, 'Apakah Kita Menukar Kedaulatan Negara dengan Vaksin Covid-19?'

Beijing sering mengatakan mereka tidak menaruh kondisi politik apapun dalam pengiriman vaksin tersebut, meskipun sepertinya ada pamrih di balik pengiriman vaksin tersebut.

Melansir slate.com, Paraguay mengatakan baru-baru ini ditawari vaksin China setelah memutus hubungan dengan Taiwan.

Namun jauh melampaui etika diplomasi vaksin, ada satu pertanyaan yang perlu dipertanyakan tentang vaksin China: apakah memang manjur?

Pertanyaan ini terbilang sangat terlambat tapi memang perlu ditanyakan.

Baca Juga: Dibanderol Sampai 15 Juta Rupiah Per Dosis, Inilah Perdagangan Gelap Vaksin Covid-19 di Internet Mulai dari AstraZeneca Sampai Johnson & Johnson, Sertifikatnya pun Tidak Lupa Dijual