Find Us On Social Media :

Muak Pesawat AS dan Sekutunya Kerap Lintasi Wilayahnya, Rusia Kerahkan Belasan Jet Sukhoi Su-27 untuk Gelar Latihan Pencegatan Musuh di Atas Laut Baltik

By Tatik Ariyani, Selasa, 23 Maret 2021 | 14:59 WIB

Su-27 Rusia

Intisari-Online.com - Di antara pesawat-pesawat tempur dinasti Sukhoi yang paling sering mencegat pesawat-pesawat intai AS adalah Su-27.

Dalam beberapa bulan terakhir pesawat tempur Su-27 cukup sibuk mencegat pesawat asing yang melintas di atas Laut Baltik, terutama dari AS dan sekutunya di NATO.

Berbagai jenis pesawat tercatat telah mendekat ke perbatasan Rusia dalam setengah tahun terakhir.

Mulai dari pesawat pesawat patroli Р-8А Poseidon hingga pesawat pembom strategis B-1B Lancer milik AS.

Baca Juga: China Makin Sibuk, Selain Hadapi AS yang Kirimkan Kapal Penghancur di Laut China Selatan, Militernya Harus Siapkan Lebih Banyak Jet Tempur untuk Dikirim Karena Ketegangan Dengan India Meningkat, Sinyal Perang?

Pesawat patroli maritim Orion P-3C milik Jerman, pesawat pengintai Boeing RC-135 milik Inggris, serta pesawat pengintai Gulfstream milik Swedia juga sempat mampir ke wilayah itu dalam lanjutan latihan gabungan NATO tahun lalu.

Baru-baru ini, lebih dari 10 armada jet tempur Sukhoi Su-27 milik Angkatan Laut Rusia mulai melakukan latihan intens yang berfokus pada misi pencegatan.

Belasan jet tempur Su-27 ini dikerahkan oleh Armada Baltik Angkatan Laut Rusia, menurut kantor berita TASS.

Pada hari Senin (22/3), kantor pers Armada melaporkan latihan dimulai di wilayah Kaliningrad.

Baca Juga: 5.000 Putaran per Menit, Gatling Gun Su-27 Terlalu Kuat untuk Badannya Sendiri, Pilot: Badan Pesawat Bergetar, Roda Pendaratan Terkadang Robek karena Tembakan!