Find Us On Social Media :

China Kemaruk Lagi, Filipina Sampai Kesal Dikepung 220 Kapal Milisi China yang Masuk Perairan Mereka

By Tatik Ariyani, Senin, 22 Maret 2021 | 17:14 WIB

Laut China Selatan

Intisari-Online.com - Pada Minggu (21/3/2021), Filipina menuduh China mengepung mereka.

Tuduhan itu keluar setelah 220 kapal milisi terlihat di dekat pulau karang yang disengketakan di Laut China Selatan.

Penjaga pantai Filipina mendeteksi kapal-kapal itu dalam formasi barisan di Whitsun Reef yang berbentuk bumerang, sekitar 320 km di sebelah barat Pulau Palawan pada 7 Maret.

Dikutip dari AFP, Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan, "Kami meminta China menghentikan tindakan ini dan segerak menarik kapal-kapal itu yang melanggar hak maritim kami dan melanggar batas wilayah kedaulatan kami."

Baca Juga: Suka Nyelonong Sana-sini Tapi Tak Mau Diusik Balik, Filipina Syok Bukan Main Lihat Ratusan Kapal China Mengepung Wilayah Lautnya, Ternyata Negeri Panda Dicurigai Lakukan Kecurangan Ini

"Ini tindakan provokatif yang jelas untuk memiliterisasi wilayah tersebut. Ini wilayah dalam Zona Ekonomi Eksklusif Filipina," lanjutnya.

Lorenzana melanjutkan, pemerintah sedang memikirkan tindakan yang tepat untuk melindungi nelayan Filipina, sumber daya laut negara, dan menjaga perdamaian serta stabilitas kawasan tersebut.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin menulis di Twitter, dia telah mengajukan protes diplomatik atas kedatangan ratusan kapal tersebut.

Baca Juga: Hanya Kalah oleh Soeharto dalam Daftar Pemimpin Terkorup di Dunia, Inilah Ferdinand Marcos, Diktator Filipina yang Barang-barang Mewah Istrinya Sampai Dijadikan Museum