Find Us On Social Media :

Liga Arab dan Palestina Sampai Kebakaran Jenggot, Ceko Kini Buka Kantor Diplomatik di Yerusalem, 'Kami Tidak Menganggap Palestina Sebuah Negara'

By Maymunah Nasution, Senin, 15 Maret 2021 | 06:00 WIB

Pembukaan Kedutaan Republik Ceko di Yerusalem

Intisari-online.com - Makin mengkhawatirkan, Yerusalem kini semakin diakui sebagai bagian dari Israel.

Seperti diketahui, Republik Ceko resmi membuka kantor diplomatiknya di Yerusalem Kamis (11/3/2021).

Kantor diplomatik tersebut berafiliasi dengan kantor Kedutaan Besar Republik Ceko untuk Israel yang terletak di Tel Aviv.

Peresmian kantor diplomatik di Yerusalem tersebut bahkan dihadiri langsung oleh Perdana Menteri Republik Ceko Andrej Babis sebagaimana dilansir Reuters.

Baca Juga: Bikin Rusia 'Ngeces,' Ini 5 Daftar Kemampuan Pertahanan Israel yang Diinginkan Mereka, Sehebat Apa Israel?

Babis menganggap Israel sebagai "mitra strategis" mereka dan memuji kantor baru tersebut sebagai tonggak penting dalam kerja sama keduanya.

Pembukaan kantor diplomatik tersebut berselang dua pekan setelah Israel mengirimkan 5.000 dosis vaksin Covid-19 Moderna ke Republik Ceko di bawah program “diplomasi vaksin”.

Pembukaan kantor diplomatik tersebut mendapat kecaman dari Palestina dan Liga Arab pada Sabtu (13/3/2021).

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut langkah Praha itu sebagai serangan secara terang-terangan terhadap rakyat Palestina dan hak-hak mereka.

Baca Juga: Al Aqsa Dalam Kondisi Sangat Rentan, Kepala Penjaganya Disengsarakan Israel Setelah Rumahnya Diratakan dengan Buldoser dengan Dalih Ini