Find Us On Social Media :

Tonggak-tonggak Penting Kerajaan Majapahit, dari Kedatangan Pasukan Kubilai Khan Hingga Takluk dalam Kekuasaan Demak

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 12 Maret 2021 | 13:00 WIB

Situs Trowulan Mojokerto, sisa-sisa peninggalan Majapahit.

Intisari-Online.com – Situs dan benda cagar budaya bukanlah jenis barang yang dapat diperbaharui, bersifat unik, dan tak ada duanya. Jika rusak, tak akan ada lagi bukti otentik tentang keberadaannya.

Tanpa bukti otentik itu, anak cucu kita bisa "tersesat" di masa depan sebab kehilangan akar masa lalunya.

Demikianlah ketika protes berhamburan begitu tinggalan Kerajaan Majapahit di situs Trowulan terancam rusak oleh pembangunan Pusat Informasi Majapahit.

Peninggalan sejarah dan arkeologi memang benda out of date, tapi bukan berarti bisa seenaknya dikorbankan demi kepentingan kekinian.

Baca Juga: Kejeniusannya Disejajarkan dengan Cleopatra, Inilah Gayatri Rajapatni, Ibu Suri nan Sensual Pemilik Cetak Biru Masa Keemasan Majapahit, Mentor Sang Mahapatih Gajah Mada yang Terlupakan

Ingatan tentang Majapahit harus terus dipelihara, karena ia besar dan kompleks.

"Impian  tentang negara Indonesia menjadi nyata, kalau melihat Majapahit. Karena itu Majapahit secara visioner merupakan salah satu rujukan tentang Indonesia," tegas Sardono W. Kusumo, budayawan yang juga Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Berikut ini adalah tonggak-tonggak penting Kerajaan Majapahit, seperti diambil dari Majalah Intisari edisi Februari 2009, dalam tulisan Selamatkan Harta Karun Majapahit.

1292: Saat Khublai Khan mengirim 20.000 tentara untuk memberi pelajaran kepada Raja Kertanegara (Singasari), Majapahit hanyalah desa kecil di timur Sungai Brantas, dibangun setelah Raden Wijaya membuka Hutan Tarik.

Baca Juga: Invasi Mongol ke Jawa: Saat Bangsa Penghancur Kejayaan Islam Dipermalukan Majapahit, Berkat Kecerdikan Raden Wijaya