Find Us On Social Media :

Kejeniusannya Disejajarkan dengan Cleopatra, Inilah Gayatri Rajapatni, Ibu Suri nan Sensual Pemilik Cetak Biru Masa Keemasan Majapahit, Mentor Sang Mahapatih Gajah Mada yang Terlupakan

By Tatik Ariyani, Rabu, 3 Maret 2021 | 10:29 WIB

Gayatri Rajapatni - Cleopatra

Intisari-Online.com - Gayatri atau Rajapatni adalah nama salah satu istri Raden Wijaya raja pertama Majapahit (1293-1309) yang menurunkan raja-raja selanjutnya.

Senin (2/4/2012), diskusi tentang sosok ibu suri kerajaan Majapahit, Gayatri Rajapatni, yang menghadirkan sejarawan dan diplomat University of British Columbia, Kanada, Prof Paul Drake di kampus Universitas Negeri Malang (UM),, memunculkan tafsir terbaru.

Tafsir terbaru itu adalah bahwa patung indah Prajna Paramita asal Singosari, Malang, sebenarnya bukan perwujudan Ken Dedes seperti selama ini dipahami.

Patung itu jika ditilik gaya artistiknya bisa dibuktikan berasal dari gaya era Majapahit (Majapahit style), dan diyakini sebagai perwujudan Gayatri Rajapatni.

Baca Juga: Invasi Mongol ke Jawa: Saat Bangsa Penghancur Kejayaan Islam Dipermalukan Majapahit, Berkat Kecerdikan Raden Wijaya

Paul Drake yang mengantarkan bukunya Gayatri Rajapatni, Perempuan di Balik Kejayaan Majpahit (Penerbit Ombak, Yogyakarta, 2012) yang disunting sejarawan Universitas Indonesia Manneke Budiman, bahkan menyejajarkan Gayatri sekaliber dengan Cleopatra.

Cleopatra adalah seorang perempuan kuat di Mesir yang bahkan membuat Caesar, kaisar Romawi tunduk.

Gayatri seorang perempuan yang menjadi pemikir dan dalang sejumlah peristiwa, termasuk perekrutan Mahapatih Gajah Mada, bahkan patut diduga ada di balik pembunuhan raja sah Majapahit Jayanegara (1309-1322).

Baca Juga: Reog Ponorogo, Kisah Tarian Penggawa Raja Majapahit Terakhir yang Mengubah Sejarah dan Memantik 'Kasus Identitas'