Find Us On Social Media :

Dipuja-puja AS dan Israel, Jet Siluman F-35 Akhirnya Bersiap Hanya Jadi Pajangan, Mahal Tapi Enggak Bisa Dipakai Perang

By Tatik Ariyani, Jumat, 12 Maret 2021 | 07:00 WIB

F-35

Intisari-Online.com - Ketika banyak negara menginginkan jet tempur F-35, pejabat tinggi Angkatan Udara AS malah mengakui adanya rencana untuk membangun jet tempur baru sebagai pengganti jet siluman F-35.

Hal ini dikarenakan F-35 dianggap memiliki sejumlah masalah.

Dilansir dari Forbes, Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal Charles Brown Jr. mengatakan bahwa F-35 yang disiapkan selama 20 tahun terlalu mahal dan tidak efisien setelah pengembangnya, Lockheed Martin, melengkapinya dengan semakin banyak teknologi baru.

"Ya, kami bicara tentang F-35. Pesawat tempur siluman seberat 25 ton itu telah menjadi masalah. Dan sekarang Amerika membutuhkan pesawat tempur baru untuk mengatasi masalah F-35 itu," ungkapnya.

Baca Juga: Kawal Bomber B-52 AS untuk Kirim Sinyal ke Iran, Rupanya Jet Tempur F-15 Lebih Disukai Israel daripada F-35 yang Lebih Canggih

Dengan harga sekitar US$ 100 juta per unit termasuk mesinnya, F-35 tergolong pesawat yang mahal.

Meskipun memiliki kemampuan siluman dan memiliki teknologi canggih, F-35 memerlukan biaya perawatan yang sangat tinggi.

Dalam wawancaranya dengan Forbes hari Rabu (17/2) lalu, Brown menyamakan F-35 dengan Ferrari, produk mahal yang jarang dipakai namun memerlukan biaya perawatan tinggi.

Baca Juga: China Tak Bisa Berkutik, Seluruh Sekutu AS Gempur Mereka di Laut China Selatan, Sementara di Laut China Timur Jepang Siap Hancurkan dengan Jet Tempur F-35 Baru