Find Us On Social Media :

Hanya Delapan dari 49 Negara Wilayah Ini yang Punya Indeks Persepsi Korupsi di Atas Rata-rata Dunia, Dua Negaranya Jadi Negara Paling Korup di Dunia

By Khaerunisa, Kamis, 11 Maret 2021 | 15:00 WIB

Sudan Selatan. ilustrasi negara paling korup di dunia

Intisari-Online.com - Sudan Selatan dan Somalia merupakan negara paling korup di dunia menurut Transparency International tahun 2020.

Keduanya selama bertahun-tahun menjadi negara paling korup dengan skor transparansi paling rendah, baik di wilayah Afrika Sub-Sahara maupun dunia.

Di bagian paling bawah indeks untuk tahun ketujuh berturut-turut, Somalia mencetak 10 poin, diikuti oleh Sudan Selatan (13) melengkapi skor terendah di wilayah tersebut (Afrika Sub-Sahara), kata Transparency Internasional.

Wilayah Afrika Sub-Sahara sendiri merupakan wilayah dengan rata-rata Indeks Transparansi Korupsi paling rendah di dunia.

Baca Juga: Kuburan Kapal Terbesar Ini Ada di Negara Pemilik Militer Paling Miskin di Dunia, Ini Asal-usul Keberadaan Kapal-kapal Terbengkalai di Sana 

Skor rata-rata Afrika Sub-Sahara hanya 32, diikuti oleh Eropa Timur dan Asia Tengah, dengan skor rata-rata 35.

Tahun ini, skor rata-rata Indeks Persepsi Korupsi dari 180 negara di dunia adalah 43.

Sementara, Indeks Persepsi Korupsi (CPI) tahun ini menyajikan gambaran yang sangat suram untuk Afrika, hanya delapan dari 49 negara yang mencetak lebih dari 43 dari 100 pada indeks.

Dengan skor paling tinggi di wilayah tersebut adalah Seychelles yang mendapat skor 66 dari 100, diikuti oleh Botswana dan Cabo Verde, dengan skor masing-masing 61 dan 57.