Find Us On Social Media :

Misteri Hilangnya Pesawat C-54 USAF; Pesawat, Awak, dan Penumpangnya Hilang Lenyap Tanpa Tinggalkan Jejak Sama Sekali, Apa yang Terjadi?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 4 Maret 2021 | 13:00 WIB

Misteri hilangnya pesawat C-54 USAF.

Intisari-Online.com – Bahwa banyak prajurit yang tewas dalam perang merupakan konsekuensi yang terjadi dalam sebuah peperangan.

Namun salah satu contoh terbesar hilangnya personel militer AS terjadi bukan selama masa perang.

Tetapi pada tahun 1950 ketika Skymaster of Strategic Air Command Angkatan Udara AS (USAF) menghilang dalam perjalanan dari Anchorage, Alaska ke Great Falls, Montana.

Tidak ada jejak pesawat, awaknya, atau penumpangnya yang pernah ditemukan.

Baca Juga: Lima Misteri Pesawat yang Terkenal, Tiba-tiba Menghilang, Terdampar di Pegunungan, Hingga Harus Memakan Temannya Sendiri Karena Kehabisan Makanan

C-54 Skymaster adalah versi militer dari Douglas DC-4, sebuah pesawat tanpa tekanan yang ditenagai oleh empat mesin piston Wasp.

Ketika Amerika memasuki Perang Dunia II, Departemen Perang meminta semua pesanan yang ada untuk pesawat DC-4 dan mengubahnya dengan tangki bahan bakar tambahan dan ditunjuk sebagai Skymaster C-54.

C-54D, dilengkapi dengan mesin yang ditingkatkan, mulai beroperasi pada tahun 1944 dan pesawat ini bertugas di semua peperangan selama Perang Dunia II.

Pesawat ini  juga menyediakan kapasitas angkut udara dalam Perang Korea dan selama Angkutan Udara Berlin.

Baca Juga: Sudah 7 Tahun Hilang Tanpa Jejak Sedikitpun, Teori Ini Ungkap Penyebab Hilangnya Pesawat Malaysia, Diduga Musnah Tanpa Sisa Gara-gara Hal Ini