Find Us On Social Media :

Ditemukan Warga Secara Tidak Sengaja, Burung Pelanduk Kalimantan yang Sempat Menghilang 172 Tahun Muncul Lagi, Difoto Warga Lalu Dilepaskan Kembali

By Mentari DP, Selasa, 2 Maret 2021 | 14:30 WIB

Burung pelanduk Kalimantan.

Intisari-Online.com - Tahukah Anda apa nama burung seperti gambar di atas?

Jika tidak, maka Anda harus membaca artikel ini.

Sebab, di kalangan peneliti, burung seperti gambar di atas adalah jenis burung langka dan masuk satwa langka di Indonesia.

Baca Juga: Jadi Andalan Pemerintah Indonesia, Ini Bedanya Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Novavax, Pfizer, dan Sinovac, Mana yang Lebih Ampuh?

Namanya adalah burung Pelanduk Kalimantan.

Bernama latin Malacocincla Perspicillata dan secara luas dianggap oleh para ahli sebagai "teka-teki terbesar dalam ornitologi Indonesia". 

Karena 172 tahun sempat menghilang.

Lalu burung tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh dua warga di Kalimatan Selatan, Muhammad Suranto dan Muhammad Rizky Fauzan, Oktober lalu.

Mulanya, Suranto dan Rizky Fauzan saat itu sedang mengumpulkan hasil hutan di daerah yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka.

Secara tidak sengaja keduanya menemukan jenis burung yang tidak dikenal. Mereka menangkap dan melepaskannya setelah mengambil beberapa foto. 

Keduanya lalu menghubungi kelompok pengamat burung setempat, BW Galeatus dan Birdpacker, yang kemudian menduga burung itu mungkin Pelanduk Kalimantan yang hilang.

Baca Juga: Dikenal Sangat Karismatik, Ternyata Soekarno Pernah Beberapa Kali Pinjam Uang Meski Sudah Jadi Presiden, 'Aku Butuh Duit'