Find Us On Social Media :

Konspirasi Gagal yang Mengubah Dunia, Bila Berhasil, Tak Mungkin AS Menjadi Negara Adidaya Seperti Sekarang Ini

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 24 Februari 2021 | 09:55 WIB

George Washington

Intisari-Online.com – Setiap tahun, sebuah kelompok membakar patung Guy Fawkes di atas api unggun, mengingat upaya gagal dari sekelompok pembangkang Katolik untuk meledakkan gedung parlemen pada 1605.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengenang sebuah kegagalan.

Namun, jika Fawkes dan rekan-rekan konspiratornya berhasil, tentu saja jalannya sejarah akan berubah selamanya.

Berikut ini beberapa konspirasi sejarah yang gagal dan kita mencoba merenungkan jika rencana mereka berhasil.

Baca Juga: Deretan Orang Paling Pantas Bilang 'Sudah Saya Bilang' dalam Sejarah, Petaka Terjadi karena Ucapan Mereka Tak Didengar, dari Tenggelamnya Titanic Hingga Meledaknya Challenger

1.Tiga belas menit yang menyelamatkan Hitler

Ada banyak upaya pembunuhan terhadap kehidupan Adolf Hitler, tidak ada yang lebih terkenal dari '20 July Plot '1944, yang menjadi dasar dari film 2008 Valkyrie yang dibintangi Tom Cruise.

Jika bukan karena kaki meja yang agak besar yang menyerap ledakan dari bom tersembunyi dan kemudian menyelamatkan nyawa Hitler, perang mungkin akan berakhir setahun lebih awal dari itu.

Namun, ada upaya pembunuhan lain yang kurang dikenal dalam hidupnya, yang jika berhasil dapat mengakhiri perang sekitar lima tahun sebelumnya, hanya dua bulan setelah perang dimulai.

Baca Juga: Dokumen Rahasia Amerika Bocor, Sebelum Sekuat Sekarang China Nyaris Diberangus Amerika dengan Senjata Pemusnah Massal, Jika Terjadi Negara China Mungkin Sudah Hilang dari Peta