Find Us On Social Media :

Tahu Betul Myanmar Sedang Alami Gunjang-ganjing Kudeta, Malaysia Malah Deportasi Lebih dari 1000 Tahanan Imigrasi dari Sana, Rupanya Ini Penyebabnya

By Maymunah Nasution, Rabu, 24 Februari 2021 | 06:30 WIB

Ribuan tahanan imigrasi yang dideportasi dari Myanmar ke Malaysia di tengah junta militer Myanmar

Intisari-online.com - Tahanan imigrasi baru saja dideportasi dari Myanmar oleh Malaysia.

Selasa 23/2/2021 Malaysia menderpotasi lebih dari 1000 tahanan imigrasi.

Mereka tetap melakukannya meski ada perintah pengadilan untuk menghentikan pemulangan dan petisi dari kelompok HAM.

Melansir AFP pada Selasa (23/2/2021), para migran dipulangkan dengan menggunakan bus dan truk ke Myanmar ke pangkalan militer di pantai barat Malaysia, di mana 3 kapal Angkatan Laut militer Myanmar berlabuh.

Baca Juga: Gunakan Cara SBY untuk Hapuskan Citra Diktator Dirinya, Inilah Prayut Chan-o-cha, Pemimpin Junta Militer Thailand yang Didapuk Jadi 'Penasihat' Junta Militer Myanmar

Amerika Serikat dan PBB telah mengkritik rencana deportasi warga Myanmar di tengah konflik kudeta militer dalam negerinya yang masih berkecamuk.

Kelompok HAM mengatakan bahwa ada para pencari suaka juga di antara kelompok yang akan dideportasi itu.

Beberapa jam sebelum deportasi dilakukan, pengadilan Kuala Lumpur memerintahkan tindakan itu ditangguhkan sementara sampai para aktivis mengajukan gugatan hukum.

Para aktivis HAM berpendapat bahwa jika deportasi tetap dilakukan, maka Malaysia akan melanggar tugas internasionalanya, karena memulangkan orang-orang rentan dalam risiko lebih besar, di mana terjadi perebutan kekuasaan oleh militer.

Baca Juga: Meski Tidak Membantu Secara Langsung, Di Balik Kemenangan Militer Myanmar dalam Kudeta, Terendus Ada Jejak-Jejak Rusia dalam Militer Myanmar, Apa Maksudnya?