Find Us On Social Media :

Ratusan Ribu Orang Terbunuh, Begini Terjadinya Perang Saudara di Liberia, Negara yang Kini Punya Militer Paling Miskin di Dunia

By Khaerunisa, Senin, 22 Februari 2021 | 20:55 WIB

Bendera Liberia. (Ilustrasi) Ratusan Ribu Orang Terbunuh, Begini Terjadinya Perang Saudara di Liberia, Negara yang Kini Punya Militer Paling Miskin di Dunia

Intisari-Online.com - Liberia, seperti tahun lalu, menjadi pemilik militer paling miskin di dunia.

Menurut laporan Global Firepower 2021, negara inilah yang anggaran pertahanannya paling kecil di antara 139 negara lainnya di dunia.

Anggaran pertahanan negara ini dilaporkan meningkat. Tahun ini Liberia diperkirakan mengalokasikan 14,5 Juta dolar AS, dibanding tahun sebelumnya sebesar 13 juta dolar AS.

Meski begitu, nominal anggaran itu masih paling rendah di antara negara-negara lain.

Baca Juga: Australia Kini Termasuk 10 Besar Militer Paling Kaya di Dunia, Anggaran Belanja Pertahanannya Naik Tajam, Siap Melawan China?

Sementara untuk total kekuatan militernya, Liberia berada di urutan ke-2 terbawah dengan Power Index yang semakin menjauhi nilai sempurna.

Berdasarkan statistik terbaru, Liberia mencatatkan Power Index 9.5753dibanding sebelumnya 5,5737.

 

Sejak lama, negara ini bertahan dengan berbagai bantuan dari Amerika Serikat (AS), termasuk untuk memperkuat angkatan bersenjatanya.

Liberia dengan susah payah kembali membangun militernya setelah kekacauan yang pernah terjadi. Dua periode perang saudara pernah berlangsung di negara ini.