Find Us On Social Media :

Marcos India Salah Satu Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Ini Kisah Prajuritnya Selamat dari Operasi Mumbai, Kehilangan Satu Pendengaran hingga Paru-paru Rusak Parah

By Khaerunisa, Minggu, 21 Februari 2021 | 21:10 WIB

Marcos India Salah Satu Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Ini Kisah Prajuritnya Selamat dari Operasi Mumbai, Kehilangan Satu Pendengaran hingga Paru-paru Rusak

Intisari-Online.com - Marcos India dikenal sebagai pasukan khusus terbaik di dunia, salah satu operasi paling terkenal yang dijalankannya adalah 'Operation Black Tornado'.

Itu adalah operasi di mana pasukan Marcos diterjunkan untuk menyerbu hotel Trident dan Taj di Mumbai selama serangan teroris pada 26 November 2008.

Serangan teroris di Mumbai tahun 2008 itu sendiri merupakan peristiwa yang tak pernah dilupakan India.

Disebut juga sebagai 26/11, ini adalah serangkaian serangan teroris yang dilakukan 10 pria bersenjata yang diyakini anggota Lashkar-e-Taiba, sebuah organisasi ekstrimis.

Baca Juga: Bukan Cuma Bertempur, Pasukan Khusus Indonesia Ini Juga Hebat dalam Melatih Militer Negara Lain, Sniper Brunei Darusallam Mendadak Bisa Bikin Keok Malaysia

Berbekal senjata otomatis dan granat tangan, para teroris menargetkan warga sipil di berbagai lokasi di bagian selatan Mumbai.

Serangan penembakan dan pemboman terkoordinasi ituberlangsung selama empat hari di Mumbai, dimulai pada Rabu 26 November hingga Sabtu 29 November 2008.

Sedikitnya 174 orang, termasuk 20 personel pasukan keamanan dan 26 warga negara asing, tewas. Lebih dari 300 orang terluka. Sembilan dari 10 teroris tewas, dan satu ditangkap.

Satu dari prajurit Marcos India yang diterjunkan dalam 'Operation Black Tornado' adalah Praveen Teotia.