Find Us On Social Media :

China Ketar-Ketir, Negara-Negara Perkasa 'Penentang' China Ini Akan Lakukan Pertemuan Besar, Inilah yang Mereka Rencananya, Salah Satunya Bikin China Mulai Gelisah

By Afif Khoirul M, Minggu, 21 Februari 2021 | 06:45 WIB

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan para pemimpin asing menghadiri upacara pembukaan KTT Beijing Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika (FOCAC) di Aula Besar Rakyat di Beijing, ibu kota Tiongkok, 3 September 2018.

Intisari-online.com - Perseteruan China dengan negara-negara yang menjadi penentangnya tampaknya akan semakin sengit.

Pasalnya diinfokan bahwa beberapa negara yang saat ini menjadi oposisi China sedang merencanakan rapat online pertamanya.

Mereka, negara-negara tersebut tergabung dalam Diamond Four, yang terus memantau perkembangan di kawasan Indo-Pasifik.

Termasuk menjadi penentang China yang melakukan klaim sepihak atas Laut China Selatan.

Baca Juga: Dibuka oleh Mesir sebagai Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia, Ini Negara-negara Arab yang Juga Memberikan Dukungan Serupa

Menurut 24h.com.vn, pada Kamis (18/2/21), menteri luar negeri Quad, dari Diamond Four, terdiri dari AS, Australia, Jepang, dan India.

Mereka merencanakan akan mengadakan pertemuan online pertamanya.

Dari beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan itu, antara lain, deputi Covid-19, perubahan iklim, mempromosikan kesamaan tujuan Indo-Pasifik yang bebas terbuka.

Selain itu, ada satu pembahasan yang membuat Chian Gelisah, yaitu menentang tindakan sepihak China untuk mengubah status di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

 Baca Juga: Bikin Melarat Rakyat Indonesia, Inilah Proyek Andalan Presiden di Masa Lalu, yang Ternyata Akal-Akalan Bank Dunia, Per Keluarga di Indonesia Diperkirakan Menanggung Hingga Rp98 juta