Find Us On Social Media :

Sudah Dikepung Banyak Negara, Iran dan Rusia Ikut-ikutan Kirim Angkatan Lautnya ke Lokasi Sengketa Ini, Bikin China di Atas Angin Sementara Amerika Waspada Perang

By Mentari DP, Kamis, 18 Februari 2021 | 16:40 WIB

Ilustrasi kapal perang di Laut China Selatan.

Intisari-Online.com - Tentara Iran dan Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) bergabung dengan kapal Angkatan Laut Rusia di wilayah utara Samudra Hindia pada hari Selasa.

Jaringan televisi pemerintah Iran, IRNA, mengklaim latihan tiga hari itu, yang diberi nama Sabuk Keamanan Maritim, akan mencakup sekitar 17.000 kilometer persegi Samudra Hindia.

Latihan tersebut akan mencakup penembakan ke target laut dan udara dan membebaskan kapal yang dibajak, serta operasi pencarian dan penyelamatan dan anti-pembajakan.

Baca Juga: Sama-sama Punya Senjata Nuklir dan Kekuatan Tempur Mengerikan, Joe Biden Sebut Perang dengan China Makin Mendekat, Lokasinya Bisa di Tempat Sengketa Ini

Laksamana Muda Iran Gholamreza Tahani menegaskan tujuan latihan itu adalah untuk "meningkatkan keamanan" perdagangan maritim di perairan.

Dia menambahkan kapal Iran dan Rusia juga akan melihat untuk "menghadapi pembajakan laut dan terorisme, dan bertukar informasi".

Pejabat militer itu juga menyatakan latihan bersama itu diadakan untuk "memperluas hubungan bilateral" dengan Rusia.

Ini menandai latihan angkatan laut bersama Rusia-Iran kedua sejak Desember 2019, di mana mereka dan China mengadakan latihan maritim di Samudra Hindia dan Teluk Oman.

Baca Juga: 'Jika Anda Menyerang Lebanon, Kami Akan Menyerang Kota Anda', Begini Cara Hizbullah Mengancam untuk Hancurkan Angkatan Udara Israel, Gunakan Rudal Buatan Musuh Bebuyutan Israel