Find Us On Social Media :

Malam Pertama Pengantin Harus Ditunggui Saksi Semalaman, Beginilah Ritual Pernikahan Viking yang Tak Biasa

By Tatik Ariyani, Jumat, 19 Februari 2021 | 12:39 WIB

Ilustrasi pernikahan Viking

Intisari-Online.com - Sebagai suku bangsa dari Skandinavia, bangsa Viking dikenal berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan paling terkenal sebagai perompak terkenal sejak tahun 800 sampai 1050.

Mereka menjarah, menduduki dan berdagang sepanjang pesisir, sungai dan pulau di Eropa dan pesisir timur laut Amerika Utara, serta bagian timur Eropa sampai ke Rusia dan Konstantinopel.

Di balik keonaran yang mereka ciptakan, bangsa Viking pun memiliki ritual unik seperti bangsa lainnya.

Selain upacara kematian dan pemakaman Raja Viking yang terkesan mengerikan karena harus disertai dengan pembunuhan seorang budak wanitanya, ritual pernikahan Viking juga menarik.

Baca Juga: Harta Karun Abad Pertengahan; Terbongkarnya Situs Kapal Pemakaman Viking di Tanah Pertanian Oslo, Perlihatkan Status Tinggi Pemiliknya dari Dekorasi nan Mewah

Pernikahan bagi bangsa Viking adalah hal yang sangat sakral dan perlu banyak persiapan.

Sebelum pernikahan, calon mempelai wanita harus melepas kransen yang melingkar di kepalanya.

Kransen ini adalah sebuah lingkaran (headband) yang dikenakan oleh wanita yang belum menikah dan biasanya mereka mengurai rambutnya tanpa hiasan lain selain kransen.

Saat menikah, mereka akan memakai mahkota pernikahan dan kransen tersebut disimpan untuk diwariskan pada putrinya kelak.

Baca Juga: Inilah 5 Pejuang Viking Paling Ganas dan Dikenal Haus Darah, dari Harald Hardrada Hingga Ivar the Boneless