Find Us On Social Media :

Jangan Asal Lihat 'Bandelnya' Iran dan Korut, Setiap Negara di Dunia Tak Boleh Asal Sembrono Begitu Saja Membuat Bom Nuklir, Mengapa?

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 18 Februari 2021 | 11:48 WIB

Nuklir Iran dan Korut

Intisari-Online.com - Sebuah negara yang tidak memiliki senjata nuklir belum tentu hanya mematuhi kewajiban perjanjiannya dengan PBB.

Tanyakan saja pada Iran dan Korea Utara (sampai 2003), yang keduanya menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir 1968 pada 1968.

Tapi apa yang Korea Utara pikirkan yakni cara untuk mengungguli Iran, yang membuat hampir negara-negara membangun senjata nuklirnya sendiri: menciptakan Uranium-235.

Mengapa suatu negara menginginkan senjata nuklir? Pembuatan dan perawatan senjata terbilang mahal dan salah-salah bisa menyebabkan sakit kepala jika dunia diketahui dunia.

Baca Juga: Meski Tak Pernah Punya Urusan dengan China, Ternyata Ini Alasan Prancis Berani Kirim Kapal Selam Nuklirnya untuk 'Nimbrung' di Laut China Selatan

Setelah itu, sanksi yang melumpuhkan akan menjatuhkan semua aspek ekonomi negara pembuat senjata nuklir.

Untuk jawabannya, kita dapat melihat Axis of Evil dari Presiden George W. Bush.

Korea Utara memiliki senjata nuklir dan tidak khawatir diserang.

Saddam Hussein tewas, tewas hampir empat tahun setelah Amerika Serikat menginvasi Irak.

Baca Juga: 'Laut Mana Pun akan Kami Arungi', Kala Prancis yang Makin Gerah dengan Sikap Tiongkok Kirim Kapal Selam Nuklir ke Laut China Selatan, Demi 'Tegaskan Hukum Internasional'