Find Us On Social Media :

Tak Mau Kalah dengan Maung Bikinan Pindad, Malaysia Bikin Kendaraan Tempur Canggih HMAV 4X4, Sudah Standar NATO dan 'Kebal' Ledakan Ranjau

By Tatik Ariyani, Selasa, 16 Februari 2021 | 11:09 WIB

Kendaraan Taktis HMAV 4X4 buatan MILDEF Malaysia

Intisari-Online.com - PT Pindad memproduksi kendaraan taktis ringan Maung dengan dua versi yakni versi militer dan versi sipil.

Kedua versi tersebut mempunyai sejumlah perbedaan yang paling utama yaitu tak ada kelengkapan persenjataannya, selain itu juga perangkat GPS dan pelacak kendaraan.

Maung sendiri menggunakan basis mesin dari Toyota Hilux dengan kapasitas silinder 2.494 cc turbo diesel 16 Valve DOHC Dari data di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 tk, sedangkan untuk torsinya yaitu 400 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan ke sistem penggerak 4WD dengan rear differential lock.

Baca Juga: Gelontorkan Rp7 Miliar, Menteri Edhy Siap Beli 200 Senapan Buatan PT Pindad, Produsen Senjata Karya Anak Bangsa yang Mendunia, Pernah Kalahkan AK-47 Rusia!

Maung diklaim dirancang sebagai kendaraan tempur yang memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung penggunaan di berbagai medan operasi.

Maung dirancang memiliki kemampuan modular untuk digunakan dalam berbagai varian operasi.

Tak mau kalah dengan Maung bikinan Pindad, Malaysia pun kini kendaraan taktis sendiri.

Melansir hmetro.com (11/2/2021), MILDEF memperkenalkan Kendaraan Lapis Baja Mobilitas Tinggi (HMAV) 4X4 yang memenuhi standar dan spesifikasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saat ini.

Baca Juga: Tak Bisa Diremehkan, Inilah Senjata Militer Canggih yang Pernah Dibuat Indonesia, Negara Sekelas Amerika Saja Bahkan Sampai Memesannya Langsung dari Indonesia