Find Us On Social Media :

Misi Rahasia CIA, Gunakan Merpati hingga Gagak Sebagai Mata-mata, Berhasilkah?

By Tatik Ariyani, Selasa, 16 Februari 2021 | 09:51 WIB

ilustrasi merpati

Intisari-Onlie.comCIA pernah mengungkap rincian misi merpati mata-mata Perang Dingin yang dirahasiakan.

File-file tersebut mengungkapkan bagaimana merpati dilatih untuk misi rahasia yang memotret situs sensitif di dalam Uni Soviet.

Melansir BBC, rilis tersebut juga mengungkapkan bagaimana gagak digunakan untuk menjatuhkan perangkat penyadap di ambang jendela dan lumba-lumba dilatih untuk misi bawah air.

CIA percaya bahwa hewan dapat memenuhi tugas "unik" untuk operasi rahasia badan tersebut.

Baca Juga: Dirahasiakan Oleh CIA, Pesawat Mata-Mata Amerika Pernah Nyaris Dipermalukan Oleh Suku Afrika Ketika Diserang Hanya Dengan Lemparan Tombak

 

Operasi tahun 1970-an diberi nama sandi Tacana dan mengeksplorasi penggunaan merpati dengan kamera kecil untuk mengambil foto secara otomatis, demikian ditunjukkan dalam file yang baru dirilis.

Operasi itu memanfaatkan fakta bahwa merpati memiliki kemampuan luar biasa.

Mereka dapat diterjunkan di suatu tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya dan masih menemukan jalan mereka ratusan mil kembali ke rumah.

Penggunaan merpati untuk komunikasi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, tetapi dalam Perang Dunia Pertama merpati mulai digunakan untuk pengumpulan intelijen.

Baca Juga: Tak Sekondang CIA ataupun Mossad, Inilah MSS Badan Intelijen Alias Agen Mata-Mata China yang Keberadaan dan Informasinya Sangat Dirahasiakan