Find Us On Social Media :

Peduli Setan dengan China, Jepang Siap Kirimkan Kapal Logistik Bawa Senjata-senjata dan Peralatan Tempur Demi Jaga Pulau Senkaku, Bikin Jiper!

By Maymunah Nasution, Senin, 15 Februari 2021 | 20:27 WIB

Ketegangan di laut china timur

Intisari-online.com - Jepang telah umumkan jika mereka akan membangun tiga kapal transportasi yang dirancang untuk mengirim amunisi, bahan bakar serta logistik.

Barang-barang tersebut akan dikirimkan untuk pasukan yang ditugaskan di pulau Senkaku, sebagai upaya menangani kegarangan China di Laut China Timur.

Kapal-kapal itu akan berukuran lebih kecil dari kapal suplai Pertahanan Diri Angkatan Laut yang sudah ada.

Keunggulan kapal lebih kecil adalah mampu beroperasi di ujung pantai yang tidak memiliki infrastruktur pelabuhan.

Baca Juga: Padahal Salah Satu Senjata Terkuat Jepang, Kapal Selam Seberat 2.900 Ton Ini Langsung Ringsek Saat Menabrak Kapal China Ini, Ini Foto-fotonya

Analis mengatakan inilah yang menyebabkan kapalnya ideal untuk operasi pengiriman stok yang seharusnya diperlukan Tokyo ke Kepulauan Senkaku atau Diaoyu yang diklaim China daratan, Taiwan dan Jepang.

Biaya yang dibanderol untuk tiga kapal ini akan masuk dalam permintaan kementerian pertahanan tahun 2022 dan diharapkan akan dikirim ke Jepang selatan tahun 2024.

Kapal terbesar akan memiliki bobot 2000 ton, sedangkan kapal lebih kecil akan memiliki berat masing-masing 400 ton.

"Ini semua bagian dari modernisasi berkelanjutan dari Pasukan Pertahanan Diri Jepang dan menurutku tidak berlebihan mengatakan kami melihat revolusi sunyi dalam militer Jepang," ujar James Brown, profesor di hubungan internasional kampus Temple University Tokyo.

Baca Juga: Kepulauan Senkaku Jepang Diserang Dua Kapal China, Sudah Serangan Keempat Kalinya dalam Seminggu Ini Usai Nelayan Jepang Ketakutan Sebelumnya