Find Us On Social Media :

Mengejutkan, Meski Negaranya Pembuat Vaksin Sputnik V, Putin Malah Ogah Disuntik Vaksin Negaranya Sendiri, Alasannya pun Terkuak

By Maymunah Nasution, Senin, 15 Februari 2021 | 07:00 WIB

Seorang perawat di rumah sakit pemerintah di Moscow sedang mempersiapkan vaksin Covid-19 Sputnik V untuk disuntikkan kepada relawan.

Intisari-online.com - Presiden Rusia Vladimir Putin rupanya menolak untuk disuntik dengan vaksin Covid-19 produksi Rusia.

Kepada awak media, presiden berusia 68 tahun itu menolak ide dia harus secepatnya disuntik, supaya menjadi contoh bagi publik.

"Saya tidak ingin tampak bodoh di depan kamera," ujar sang presiden seperti dikutip harian Rusia, Kommsersant.

Putin menyatakan, dia akan menerima suntikan vaksin Covid-19 milik Sputnik V pada akhir musim panas atau musim gugur.

Baca Juga: Efektif Sampai 91%, Para Ahli Bongkar Sputnik V, Vaksin Virus Corona dari Rusia Sanggup Cegah Gejala Terparah, Semua Gara-gara Hal Ini

Dia menuai kritik pada Agustus 2020 setelah mengumumkan vaksin aman dan efektif meski hasil uji klinis belum diumumkan.

Dalam hasil yang akhirnya dipublikasikan pada awal Februari, terungkap efektivitas vaksin itu mencapai 92 persen.

Pekan lalu, Kremlin menuai kesuksesan ilmiah dan politik lewat publikasi di jurnal The Lancet, menghilangkan keraguan negara Barat.

Namun saat ditanya mengapa tidak mau disuntik, Putin beralasan dia sudah dijadwalkan untuk mendapat vaksinasi flu dan penyakit lainnya.

Baca Juga: Getol Buat Vaksin Covid-19, Ide Visioner Putin Justru Ditolak Keras Oleh Dokter-dokter dan Guru di Rusia: 'Kami Tidak Mau Jadi Kelinci Percobaan!'