Find Us On Social Media :

Berulang Kali Gagal, China dan India Akhirnya Sepakat Tarik Pasukannya dari Perbatasan yang Disengketakan

By Tatik Ariyani, Kamis, 11 Februari 2021 | 06:30 WIB

ilustrasi konflik China dan India yang berebut Lembah Galwan

Intisari-Online.comChina dan India telah terlibat dalam konflik berkepanjangan atas perbatasan kedua negara di Lembah Galwan.

Pembicaraan untuk menemukan jalan tengah selalu berujung gagal.

Setelah sekian lama, kedua negara akhirnya sekapat untuk menarik pasukan masing-masing.

Kementerian Pertahanan China menyatakan, China dan India sepakat untuk menarik pasukan garis depan yang ada di tepi Selatan dan Utara Danau Pangong Tso mulai 10 Februari 2021.

Baca Juga: Abaikan Teori Trump, Biden Pilih Jauhkan Diri dari Teori Kebocoran Virus Corona dari Lab China

"Langkah ini sesuai dengan konsensus yang dicapai oleh kedua belah pihak pada putaran ke-9 Pertemuan Tingkat Komandan Korps China-India," kata Kolonel Senior Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan China, dalam pernyataan tertulis Rabu (10/2) di laman Kementerian Pertahanan China.

Saat ini, di dekat perbatasan terpencil Himalaya, ribuan tentara dari dua tetangga bersenjata nuklir tersebut telah berhadapan selama berbulan-bulan setelah bentrokan mematikan tahun lalu.

Pasukan India dan China tetap terkunci dalam konfrontasi dataran tinggi di sepanjang perbatasan di Ladakh, di mana tentara bentrok dalam pertempuran jarak dekat yang brutal pada Juni 2020.

Baca Juga: Cepat atau Lambat China akan Rebut Wilayah Laut di Asia Tenggara, Buat Jaga-jaga Ini Persiapan Indonesia Andaikan Bentrok dengan Militer China