Find Us On Social Media :

Indonesia Berperan dalam Proyek Ini, Seperti Apa Prototipe jet tempur KF-X Korea yang Akan Meluncur April 2021 Nanti?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 7 Februari 2021 | 15:13 WIB

Ilustrasi KF-X

Intisari-Online.comKorea Selatan sedang dalam tahap akhir untuk merakit prototipe pesawat tempur pertama yang dikembangkan secara lokal.

Apalagi Indonesia juga berperan dalam proyek ini.

Korea Selatan telah mengerjakan proyek KF-X sejak 2015 untuk mengembangkan jet tempur mutakhir buatan dalam negeri untuk menggantikan armada F-4 dan F-5 Angkatan Udara yang sudah tua.

Pada September tahun lalu, Korea Aerospace Industries Co. (KAI) memulai perakitan prototipe jet tempur dan sekarang berada di tahap akhir, menurut pejabat Badan Program Akuisisi Pertahanan (DAPA).

Baca Juga: 'Joe Biden Tidak Akan Berani', Bukan Amerika Justru Israel yang Bersiap Hancurkan Negara Islam Itu dengan Bom Nuklir, Terkuak Adanya Penemuan Bukti Ini

Mengutip Yonhap, rencananya, pejabat DAPA menyebutkan, prototipe jet tempur KF-X akan dipublikasikan dalam acara peluncuran sekitar akhir April nanti, beberapa minggu lebih cepat dari jadwal.

DAPA menargetkan tahun 2026 untuk penyelesaian pengembangan, setelah uji darat dan penerbangan.

Sebanyak 40 unit jet tempur KF-X akan dikirim ke Angkatan Udara Korea Selatan pada 2028 dan 80 unit lainnya di 2032.

Baca Juga: Inilah Tomas Garrigue Masaryk, Presiden Cekoslovakia Pertama Sekaligus Pendiri Negara yang Kini Sudah Runtuh dan Terpecah Ini