Find Us On Social Media :

Inilah Tomas Garrigue Masaryk, Presiden Cekoslovakia Pertama Sekaligus Pendiri Negara yang Kini Sudah Runtuh dan Terpecah Ini

By Khaerunisa, Minggu, 7 Februari 2021 | 14:30 WIB

Tomas Masaryk, Presiden Cekoslovakia Pertama.

Intisari-Online.com - Tomas Garriugue Masaryk merupakan Presiden Cekoslovakia Pertama dan merupakan tokoh pendiri negara tersebut.

Tomas Masaryk lahir di Moravia, Kekaisaran Austria -yang sekarang Hodonin, Republik Ceko-, pada 7 Maret 1850.

Ia menjadi Presiden Cekoslovakia Pertama pada tahun 1918 hingga 1935.

Cekoslovakia sendiri merupakan bekas negara di Eropa tengah yang meliputi tanah bersejarah Bohemia, Moravia, dan Slovakia.

Baca Juga: Perang Enam Hari, Sejarah Jatuhnya Yerusalem ke Tangan Israel, Peta Jazirah Arab pun Berubah Signifikan Karenanya

Cekoslowakia dibentuk dari beberapa provinsi kerajaan runtuh dari Austria-Hongaria pada tahun 1918, pada akhir Perang Dunia I.

Tomas Masaryk merupakan sosok yang mendeklarasiken kemerdekaan Cekoslovakia bersama Edvard Beneš, dan para pemimpin lainnya pada tanggal 28 Oktober 1918.

Melansir Britannica, Tomas Masaryk sendiri merupakan putra dari seorang ayah yang berprofesi sebagai kusir Slovakia; dan ibunya adalah seorang pembantu, berasal dari keluarga Moravia Jerman.

Meskipun ia dilatih untuk menjadi guru, ia sempat magang menjadi tukang kunci tetapi kemudian masuk Hochschule Jerman di Brno pada tahun 1865.