Find Us On Social Media :

Sejarah Mencatat Keberhasilan Soviet Membuat dan Mengudarakan Tank Terbang: Temui Antonov A-40 dengan Sayap Sepanjang 18 Meternya

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 1 Februari 2021 | 11:42 WIB

Antonov A-40

Intisari-Online.com - Pada awal 1940-an, Uni Soviet terlibat dalam kampanye pahit untuk melawan serangan signifikan Nazi Jerman ke wilayah Soviet.

Pejuang partisan membutuhkan persenjataan yang lebih mumpuni yang dapat menimbulkan kerusakan pada pasukan lapis baja dan infanteri Jerman.

Oleg Antonov memberikan jawaban untuk ini: tank terbang.

Biasanya, tank tidak boleh terbang dalam keadaan apa pun.

Mereka tidak cocok secara aerodinamis untuk penerbangan, juga tidak memiliki sayap atau mesin yang sesuai untuk menghasilkan daya angkat yang cukup.

Baca Juga: Jor-joran Beri Utang Sana-sini, China Gunakan Trik Licik untuk Beri Pinjaman yang Mustahil Dilunasi oleh Ratusan Negara, Lihat Saja Segini Banyak Utang Dunia pada Negeri Panda

Solusi Antonov adalah memasang kit Krylya Tanka (bahasa Rusia untuk "sayap tank") ke tank ringan T-60.

Lalu menariknya ke udara menggunakan bomber berat Pe-8 atau TB-3, dan kemudian melepaskannya di dekat zona penurunan.

Langkah itu memungkinkan tank (dengan dua awak di dalamnya) untuk meluncur ke medan perang sementara pesawat tunda keluar dari Dodge sebelum penembak anti-pesawat Jerman melemparkan antipeluru ke langit.

Baca Juga: Masih Tidak Terima, Sekali Lagi China Peringatkan Presiden AS Joe Biden, Jangan Sampai Terjadi Kemerdekaan Taiwan, Karena Itu Berarti Perang!