Find Us On Social Media :

'Merdeka Berarti Perang'! Bak Kebakaran Jenggot Karena Yakin Taiwan Akan Deklarasikan Kemerdekaan, China pun Bersiap-siap Perang!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 29 Januari 2021 | 08:15 WIB

Ilustrasi militer China

Intisari-Online.com – Ketegangan antara China dan Taiwan berlangsung terus-menerus tanpa henti.

Negara kecil seperti Taiwan ini bahkan mengaku siap dengan kondisi terburuk seandainya perang terjadi.

Meskipun Beijing mempersiapkan strategi yang dianggap efektif untuk menaklukkan Taiwan tanpa peperangan, tetap saja mereka mengirimkan jet tempurnya berseliweran di atas Taiwan.

China semakin mempertegas bahasanya terhadap Taiwan pada Kamis (28/1/2021), dengan memperingatkan bahwa "kemerdekaan berarti perang".

Baca Juga: Amerika Ketar-Ketir, China Punya Rudal yang Bisa Mencapai Benua Amerika dalam Sekali Tembak, Ilmuwan AS Berikan Reaksi Begini

Selain itu, China juga bilang, angkatan bersenjatanya bertindak sebagai tanggapan atas provokasi dan campur tangan asing.

Reuters memberitakan, Taiwan, yang diklaim oleh China sebagai wilayahnya sendiri, melaporkan beberapa jet tempur dan pesawat pembom China memasuki zona identifikasi pertahanan udara barat daya akhir pekan lalu.

Kondisi itu mendorong Washington untuk mendesak Beijing untuk berhenti menekan Taiwan.

China meyakini, pemerintah Taiwan yang terpilih secara demokratis sedang menggerakkan pulau itu menuju deklarasi kemerdekaan formal, meskipun Presiden Taiwan Tsai Ing-wen telah berulang kali mengatakan negaranya sudah menjadi negara merdeka dengan nama resmi Republik China.

Baca Juga: Waktu China Tidak Banyak Tersisa, Xi Jinping Mungkin Akan Bereskan Sendiri Masalah Hong Kong dan Taiwan Tanpa Menunggu Aksi Joe Biden, 'Dari Awal Bukan Urusan Mereka'